10 Manfaat Membaca : Inilah Alasan Mengapa Anda Harus Membaca Setiap Hari

ZonaSeru.id - Banyak orang yang tidak menyadari pentingnya membaca buku ataupun artikel yang bermanfaat. Mereka cenderung lebih memilih hal lain. Berikut ini adalah 10 manfaat yang bisa anda dapatkan jika anda rajin membaca setiap harinya.

1 dari 10 halaman

1. Stimulasi Mental

1. Stimulasi Mental

Studi telah menunjukkan bahwa mengalami dorongan mental dapat memperlambat kemajuan (atau bahkan mencegah) Alzheimer dan Demensia, karena menjaga agar otak tetap aktif dan terlibat mencegahnya kehilangan kekuatan. Sama seperti otot lain di dalam tubuh, otak membutuhkan latihan untuk membuatnya tetap kuat dan sehat. Melakukan puzzle dan bermain game seperti catur juga telah terbukti membantu dengan stimulasi kognitif.

2 dari 10 halaman

2. Mengurangi Stres

2. Mengurangi Stres

Tidak peduli seberapa stress yang Anda hadapi di tempat kerja, dalam hubungan pribadi Anda, atau masalah lain yang tak terhitung jumlahnya yang dihadapi dalam kehidupan sehari-hari, semuanya akan hilang . Novel yang ditulis dengan baik dapat membawa Anda ke alam lain, sementara sebuah artikel menarik akan mengalihkan perhatian Anda , membiarkan ketegangan mengalir dan memungkinkan Anda untuk rileks.

3 dari 10 halaman

3. Pengetahuan

3. Pengetahuan

Semua yang Anda baca mengisi kepalamu dengan informasi baru, dan Anda tidak akan pernah tahu kapan hal itu akan berguna. Semakin banyak pengetahuan yang Anda miliki, semakin baik Anda menghadapi tantangan yang akan Anda hadapi.

Selain itu, inilah sedikit makanan untuk dipikirkan, seandainya Anda pernah menemukan diri Anda dalam keadaan yang mengerikan, ingatlah bahwa meskipun Anda mungkin kehilangan segalanya - pekerjaan Anda, harta benda Anda, uang Anda, tetapi  pengetahuan  Anda  tidak dapat diambil dari Anda.

4 dari 10 halaman

4. Memperbanyak Kosakata

4. Memperbanyak  Kosakata

Ini sesuai dengan topik di ata, semakin banyak Anda membaca, semakin banyak kata yang Anda dapatkan, dan  pasti bisa masuk ke dalam kosakata sehari-hari Anda. Mengartikulasikan dan berbicara dengan baik sangat membantu dalam profesi apa pun, dan mengetahui bahwa Anda dapat berbicara dengan orang lain dengan rasa percaya diri bisa menjadi dorongan besar untuk menaikan harga diri Anda. Bahkan bisa membantu dalam karir Anda, karena mereka yang membaca dengan baik, berbicara dengan baik, dan berpengetahuan luas tentang berbagai topik cenderung mendapat promosi lebih cepat (dan lebih sering) daripada mereka yang memiliki kosakata lebih kecil dan kurangnya kesadaran akan sastra, Terobosan ilmiah, dan kejadian global.

5 dari 10 halaman

5. Memperbaiki Ingatan

5. Memperbaiki Ingatan

Saat membaca buku, Anda harus mengingat berbagai karakter, latar belakang, ambisi, sejarah, dan nuansa, serta berbagai lengkungan dan sub-plot yang ada melalui semua cerita. Itu cukup sedikit untuk diingat, tapi otak adalah hal yang menakjubkan dan bisa mengingat hal-hal ini dengan relatif mudah. Yang luar biasa, setiap ingatan baru yang Anda ciptakan menempa sinaps baru (jalur otak) dan memperkuat yang sudah ada, yang membantu ingatan ingatan jangka pendek serta menstabilkan suasana hati. Betapa kerennya itu?

Baca Juga :

10 Manfaat Tidur Telanjang Yang Anda Mungkin Tidak Tahu

6 dari 10 halaman

6. Keterampilan Berpikir Analitis yang Lebih Baik

6. Keterampilan Berpikir Analitis yang Lebih Baik

Pernahkah Anda membaca novel misteri yang menakjubkan, dan memecahkan misteri itu sendiri sebelum menyelesaikan membacanya? Jika demikian, Anda dapat menerapkan pemikiran kritis dan analitis untuk bekerja dengan mencatat semua rincian yang ada dan memilahnya.

Kemampuan yang sama untuk menganalisis detail juga sangat berguna dalam mengkritisi plot,Menentukan apakah itu adalah potongan yang ditulis dengan baik, jika karakternya benar dikembangkan, jika alur ceritanya berjalan lancar, dll. Jika Anda pernah memiliki kesempatan untuk mendiskusikan buku ini dengan orang lain, Anda dapat mengemukakan pendapat Anda dengan jelas, seperti Anda telah meluangkan waktu untuk benar-benar mempertimbangkan semua aspek yang terlibat.

7 dari 10 halaman

7. Meningkatkan Fokus dan Konsentrasi

7. Meningkatkan Fokus dan Konsentrasi

Di dunia internet kita yang gila, perhatian ditarik dalam sejuta arah yang berbeda sekaligus saat kita melakukan banyak tugas setiap hari. Dalam rentang 5 menit, rata-rata orang akan membagi waktunya antara mengerjakan tugas, memeriksa email, mengobrol dengan beberapa orang (via gchat, skype, dll.), Mengawasi twitter, memantau ponsel cerdas mereka, Dan berinteraksi dengan rekan kerja. Perilaku seperti ini menyebabkan tingkat stres meningkat, dan menurunkan produktivitas kita.

Ketika Anda membaca sebuah buku, semua perhatian Anda terfokus pada cerita , dan Anda dapat melibatkan diri Anda dalam setiap detail halus yang Anda rasakan. Cobalah membaca selama 15-20 menit sebelum bekerja (yaitu pada perjalanan pagi Anda, jika Anda menggunakan angkutan umum), dan Anda akan terkejut melihat betapa Anda lebih terfokus begitu Anda sampai di kantor.

8 dari 10 halaman

8. Keterampilan Menulis Lebih Baik

8. Keterampilan Menulis Lebih Baik

Ini didapat  seiring dengan perluasan kosa kata Anda, paparan terhadap karya yang diterbitkan dan ditulis dengan baik memiliki dampak yang nyata pada tulisan seseorang, karena mengamati irama, fluiditas, dan gaya penulisan penulis lain akan selalu mempengaruhi karya Anda sendiri. . Dengan cara yang sama seperti para musisi saling mempengaruhi satu sama lain, dan pelukis menggunakan teknik yang mapan oleh master sebelumnya, begitu pula penulis belajar bagaimana menyusun prosa dengan membaca karya orang lain.

9 dari 10 halaman

9. Ketenangan

9. Ketenangan

Selain relaksasi yang menyertai membaca buku yang bagus, ada kemungkinan subjek yang Anda baca dapat menghasilkan kedamaian dan ketenangan batin yang luar biasa. Membaca teks spiritual dapat menurunkan tekanan darah dan menimbulkan rasa tenang yang luar biasa.

10 dari 10 halaman

10. Hiburan Gratis

10. Hiburan Gratis

Meskipun banyak dari kita suka membeli buku jadi kita bisa memberi catatan  untuk referensi di masa mendatang, harganya bisa sangat mahal. Untuk hiburan beranggaran rendah, Anda dapat mengunjungi perpustakaan setempat dan berjemur dalam kemuliaan buku-buku yang tak terhitung jumlahnya yang tersedia di sana secara gratis. Perpustakaan memiliki buku tentang setiap topik yang bisa dibayangkan, dan Anda tidak akan kehabisan bahan bacaan.

Jika Anda kebetulan tinggal di daerah yang tidak memiliki perpustakaan setempat, atau jika Anda kekurangan mobilitas dan tidak dapat mengaksesnya dengan mudah, kebanyakan perpustakaan menyediakan buku mereka dalam format PDF atau ePub sehingga Anda dapat membacanya Di e-reader, iPad, atau layar komputer Anda. Ada juga banyak sumber online dimana anda bisa mendownload e-book gratis, jadi pergilah mencari sesuatu yang baru untuk dibaca!

Berikan Pendapatmu

Artikel Terkait