10 Rekomendasi Minuman Segar dan Nikmat Untuk Berbuka Puasa

ZonaSeru.id – Tak terasa hari ini sudah memasuki hari pertama bulan ramadhan, dimana semua umat muslim diwajibkan untuk menunaikan ibadah puasa selama 1 bulan penuh. Setelah seharian berpuasa, tentunya kamu harus memulikan tenaga dengan berbuka puasa. Takjil selalu menjadi menu pilihan untuk berbuka puasa, agar perut tidak kaget setelah seharian penuh kosong. Takjil dengan rasa manis dan segar selalu menjadi pilihan. Jika kamu masih bingung memilih rekomendasi minuman segar untuk berbuka puasa, maka tidak ada salahnya mencoba rekomendasi berikut ini:

1 dari 10 halaman

1. Kolak Es

1.	Kolak Es Source Gambar : instagram.com/makfoodies/

Memang kolak menjadi takjil pilihan untuk berbuka puasa yang banyak digemari semua kalangan. Kuah khas berwarna coklat dengan rasa yang manis, dengan isian pisang, ubi jalar ini memang pas di sajikan sebagai menu buka puasa.

2 dari 10 halaman

2. Es Pisang Ijo

2.	Es Pisang Ijo Source Gambar : instagram.com/makanterusss/

Kuliner asal kota Makassar ini memang ramai dijumpai ketika menjelang waktu berbuka puasa. Pisang yang berbalut adonan tepung berwarna hijau dengan saos kental di tambah dengan es batu pastinya nikmat dijadikan menu pembatal puasa. Es pisang ijo menjadi salah satu kuliner khas ramadhan yang wajib kamu cobia.

Baca Juga Resep Simple Membuat Es Palu Butung Khas Makassar

3 dari 10 halaman

3. Es Kacang Merah

3.	Es Kacang Merah Source Gambar : instagram.com/evi_novrianty/

Kacang merah tak hanya enak dibuat menjadi sop, tapi juga bisa dijadikan es kacang merah loh. Kebayang gak rasanya yang nikmat ditambah dengan es, kemudian diberi sirup dan susu? Pastinya nikmat.

4 dari 10 halaman

4. Es Cincau

4.	Es Cincau Source Gambar : instagram.com/tjhiuwong/

Es cincau memang sudah sering kamu jumpai meski bukan disaat bulan puasa. Tapi, saat bulan ramadhan tiba es cincau banyak dijadikan takjil pelepas dahaga loh. Cincaunya juga bermanfaat untuk buat menjaga kesehatan.

Baca Juga Panas-Panas Tidak Perlu Pusing, Buat Es Manado Yang Nikmat Ini di Rumah

5 dari 10 halaman

5. Es Cendol

5.	Es Cendol Source Gambar : instagram.com/rmpondokdjago/

Menu berbuka puasa yang kelima yaitu es cendol. Minuman yang berasal dari Jawa Barat ini memang kerap kali dijadikan menu takjil buat berbuka. Selain Es pisang ijo, Es cendol juga menjadi kuliner khas ramadhan yang selalu ada.

6 dari 10 halaman

6. Es Oyen

6.	Es Oyen Source Gambar : instagram.com/ikomura_fc/

Es oyen merupakan es campur yang berasal dari Bandung. Biasanya es oyen ini berisikan aneka buah-buahan seperti kelapa muda, kolang-kaling, alpukat, nangka, pacar cina dan durian, kemudian diberi es, sirup dan susu. Siapa yang bisa nolak untuk berbuka dengan minuman segar satu ini.

Baca Juga Resep Simple dan Unik Membuat Es Mie Telor yang Nikmat dan Menggoda

7 dari 10 halaman

7. Es Mie Telor

7.	Es Mie Telor Source Gambar : instagram.com/ikomura_fc/

Agak sedikit berbeda dengan yang lainnya, Kuliner khas ramadhan berikutnya yaitu es mie telor. Es mie telor ini berisi aneka buah-buahan seperti papaya, semangka, atau buah-buahan lainnya. Yang unik yaitu adanya agar-agar berbentuk telur dan mie. Tidak ada salahnya untuk mencoba membuat kuliner anti mainstream ini.

8 dari 10 halaman

8. Es Pleret

8.	Es Pleret Source Gambar : instagram.com/blitarfoodies/

Kuliner khas ramadhan berikutnya berasala dari Blitar, yaitu Es pleret. Mungkin bentuknya terlihat hampir mirip dengan es-es tradisional lainnya. Menggunakan kuah santan dan pemanis dari gula jawa. Tapi bedanya ada di pleret yang terbuat dari bahan tepung beras kemudian dibentuk bulat.

Baca Juga Nikmatnya Sop Iga Kuah Bening Menemani Santap Siang

9 dari 10 halaman

9. Es Blewah

9.	Es Blewah Source Gambar : instagram.com/tyasprabowo/

Buah blewah memang kerap kali dijadikan bahan campuran berbagai kuliner. Salah satunya dijadikan es yang menggoda. Es blewah ini kerap di temukan saat ramadhan tiba, karena itu es ini menjadi kuliner khas ramadhan yang bisa jadi pilihan untuk berbuka puasa.

10 dari 10 halaman

10. Es Dawet Ayu

10.	Es Dawet Ayu Source Gambar : instagram.com/novie_puspiethasari0193/

Pilihan takjil berbuka puasa yang terakhir adalah es dawet ayu. Rasa dawet yang lembut dan kenyal, ditambah dengan campuran gula merah dan santan dijamin mampu menghilangkan dahaga setelah seharian berpuasa.

Itulah 10 Rekomendasi Minuman Segar dan Nikmat Untuk Berbuka Puasa. Cari rekomendasi kuliner lainnya hanya di ZonaSeru.id

Apa Pendapatmu?

Artikel Terkait