4 Hal Yang Dapat Kamu Lakukan Agar Terhindar Dari Kejahatan Siber

ZonaSeru.id - Kejahatan tidak akan pernah memandang siapa saja, selama ada kesempatan pasti kejahatan itu akan berlangsung. Karena itu kamu harus hati-hati ketika menggunakan teknologi yang ada kini. Berikut 4 hal yang dapat kamu lakukan agar terhindar dari kejahatan siber.

1 dari 4 halaman

1. Jangan Menggunakan Wi-Fi Umum Sembarangan

1. Jangan Menggunakan Wi-Fi Umum Sembarangan

Sebaiknya menghindari untuk mengakses data penting menggunakan WI-FI umum yang tersedia dimana saja. Seperti misalnya mengakses i-banking, belanja online, ataupun membuka akun online.

Karena Wi-Fi umum bisa menjadi dijadikan ladang bagi para penyerang untuk melihat komunikasi digital, menangkap detail login dan kata sandi, serta mengakses data pribadi yang kamu miliki.

2 dari 4 halaman

2. Rutin Meng-Update OS

2. Rutin Meng-Update OS

Dengan rutin meng-update OS yang kamu punya akan menghindarkanmu dari bug yang terdapat pada os lama. Sehingga tentunya akan lebih aman jika meng-update patch keamanan terbaru.

Hal ini dipercaya dapat mengurangi risiko eksploitasi kerentanan.

Baca Juga 8 Fungsi Rahasia Android 90% Orang Tidak Mengetahuinya

3 dari 4 halaman

3. Ganti Password dan Terapkan Otentikasi

3. Ganti Password dan Terapkan Otentikasi

Standar pembuatan password juga harus kamu perhatikan. Tidak menggunakan password yang sederhana atau terlalu pendek. Ataupun password seperti tanggal lahir atau yang berhubungan dengan kepribadianmu.

Selain itu, kamu juga bisa menerapkan metode otentikasi multi faktor, seperti satu dari Azure Multi-Factor Authentication (MFA).

4 dari 4 halaman

4. Kontrol Akses Terhadap Data Sensitif

 4. Kontrol Akses Terhadap Data Sensitif

Menerapkan keamanan yang dapat mengontrol akses kepada data sensitif dan juga membatasi pemberian akses ke pengguna yang mencurigakan.

Dengan menerapkan kebijakan ini, secara otomatis dapat memblokir user tanpa otoritasi atau memberikan pilihan pengaturan ulang kata sandi dan penegakan autentikasi multi-faktor.

Berikan Pendapatmu

Artikel Terkait