5 Fakta tentang Sperma, Kaum Adam Harus Tahu Ini

ZonaSeru.id - Gaya hidup seseorang sangat mempengaruhi kualitas sperma seseorang. Mulai dari pola makanan, gaya hidup, sampai rutinitas sehari-hari punya andil dalam menentukan sperma seseorang itu berkualitas atau tidak. 

Apalagi di jaman sekarang, yang serta sibuk. Ditambah dengan hadirnya gadget. Gaya hidup pun berubah. Orang, terutama yang berdiam di kota, kian jarang saja berolahraga. Lebih sibuk bergadget ria. Diperparah dengan pola makan yang buruk. Merokok dan minuman keras, misalnya. Pada akhirnya banyak pria yang mengalami ejakulasi dini. 

Nah, berikut 5 fakta tentang sperma. Kaum Adam harus tahu ini.

1 dari 5 halaman

1. Pengaruh banyak nonton TV

1.  Pengaruh banyak nonton TV Pixabay.com

Nonton teve, sudah jadi bagian yang tak terpisahkan dalam kehidupan sehari-hari. Bahkan, ada kalanya, banyak waktu tersita hanya untuk duduk setia di depan layar kaca. Ternyata itu punya pengaruh loh, pada kualitas sperma seorang pria. 

Pria yang terlalu banyak menghabiskan waktu di depan televisi, ternyata punya efek tak baik bagi spermanya. Jumlah dan konsentrasi sperma akan terpengaruh. Begitu hasil penelitian yang dilakukan Harvard School of Public Health. 

2 dari 5 halaman

2. Minum kopi

 2.  Minum kopi Pixabay.com

Kamu penggemar kopi? Suka minum kopi? Ternyata ada kaitannya antara kebiasaan minum kopi dengan jumlah dan kualitas sperma pria. Minum kopi hitam di pagi hari, ternyata bisa membuat sperma pria itu jumlah makin banyak. Dan kualitas juga baik. Sperma lebih lincah. 

3 dari 5 halaman

3. Penggunaan Handphone

3. Penggunaan Handphone Pixabay.com

Di era sekarang, era milenial, mungkin hampir semua orang pegang handphone. Bahkan anak kecil pun sudah dibekali handphone. Rupanya, menurut sebuah penelitian, memakai handphone secara berlebihan berpengaruh pada penurunan sperma. Bahkan penurunannya bisa mencapai 30 persen. 

Baca Juga Cara Meningkatkan Jumlah Sperma dengan Cepat

4 dari 5 halaman

4. Naik motor

 4.  Naik motor Pixabay.com

Berkurangnya jumlah sperma juga tak hanya disebabkan oleh pemakaian handphone yang lupa waktu. Ternyata, pria yang biasa mengendarai motor 4 jam sehari, beresiko jumlah spermanya berkurang. 

5 dari 5 halaman

5. Memangku laptop

5.  Memangku laptop

Suka memangku laptop? Biasanya, kalau kita sedang ada di ruang publik, entah itu taman atau di mall yang kebetulan ada jaringan Wifi, memangku laptop sembari berselancar di dunia maya adalah kegiatan yang mengasyikan. Ternyata, seperti yang dimuat dalam Jurnal Fertility and Sterility, kegiatan memangku laptop dengan koneksi Wifi, bisa memperburuk kualitas sperma loh. Jadi sebaiknya, cari saja tempat yang bisa jadi alas laptop. 

Berikan Pendapatmu

Artikel Terkait