5 Tempat Wisata Kuliner Legendaris Yang Wajib Anda Dikunjungi Saat Traveling Ke Kota Bandung

ZonaSeru.id - MaxNyoos.com – Bandung dari dulu telah dikenal sebagai salah satu kota dengan wisata kuliner terbesar. Dengan mendapatkan predikat ini tentu saja banyak yang mencoba peruntungan dengan membuka usaha di bidang kuliner, namun tidak sedikit dari mereka yang gulung tikar karena tidak kuat dengan banyaknya pesain yang bermunculan.

Namun beberapa tempat makan ini juga masih tetap bertahan dengan persaingan yang semakin banyak, bahkan menjadi tempat favorit yang banyak dikuncungi wisatawan saat berkunjung ke kota Bandung ini. Tempat-tempat ini telah berdiri mulai sejak 1950-an bahkan 1930-an yang berada di pusat kota Bandung ataupun disekitaran alun-alun kota.

 Inilah 5 tempat kuliner legendaris di Kota Bandung :

1 dari 5 halaman

1. Toko Roti Sumber Hidangan

1. Toko Roti Sumber Hidangan

Toko roti ini telah berdiri sejak 1929, toko roti ini menawarkan aneka jenis varian kue Belanda. Toko roti ini berada di Jalan Braga No 22-22, Kota Bandung. Toko ini tentu saja tetap mempertahankan rasa dan kualitasnya, dan juga suasana yang masih tetap dipertahankan seperti dulu saat awal dibuka yang membuat para pelanggannya seperti ditarik kembali ke zaman sebelum merdeka. Harga yang diberikan terbilang cukup ekonomis, mulai dari Rp 6.000 sampai Rp 20.000.

2 dari 5 halaman

2. Rumah Makan Linggarjati

2. Rumah Makan Linggarjati

Rumah makan ini terletak di Jalan Balong Gede No.1, Rumah makan ini telah berdiri sejak 1950an. Rumah makan ini khusus menyediakan aneka macam jenis mie ini. Menu yang paling terkenal adalah menu yamin, karena sangat terkenal rumah makan ini disebut sesepuhnya mi yamin bakso di Kota Bandung.

Untuk seporsi mi yamin ini di bandrol dengan harga Rp 55.000, Es aplukat Rp 30.000. Harga yang diberikan tentu terbilang mahal namun dengan reputasi yang telah didapatkan membuat tempat ini patut dikunjungi saat berkunjung ke kota Bandung.

3 dari 5 halaman

3. Paberik Kopi Aroma

3. Paberik Kopi Aroma

Bagi kalian para pecinta kopi tentunya sudah tidak asing lagi dengan nama Paberik Kopi Aroma. Toko ini memiliki arsitektur bangunan bergaya Belanda, yang terletak di Jalan Banceuy, No 51 dan telah berdiri sejak 1930 silam. Paberik Kopi Aroma ini tidak hanya terkenal di Indonesia, bahkan ketenarannya telah sampai merambah ke luar negeri.

Untuk mendapatkan bubuk kopi terbaik, pabrik ini menerapkan cara dengan menyimpan  biji kopi tersebut selama 5 tahun untuk kopi robusta dan 8 tahun untuk kopi arabika sendiri. 

Untuk Kopi Aroma 250 gram bubuk kopi sang pemiliki menetapkan harga yang cukup murah yaitu cukup Rp 25.000 untuk kopi Arabika dan Rp 20.000 untuk bubuk kopi Robusta. Harga yang terbilang cukup murah bukan dengan kenikmatan yang mendunia ini.

Baca Juga Travelling Yuk !! Nikmati Surganya Ombak Di Pantai Religi Nganteb, Malang

4 dari 5 halaman

4. Warung Kopi Purnama

4. Warung Kopi Purnama

Dulunya kedai kopi ini bernama Chang Chong Sel yang artinya “Silahkan Mencoba”, dan telah berdiri sejak 1930-an. Dan pada tahun 1966 berubah nama menjadi Warung Kopi Purna dikarenakan kebijakan pemerintah yang mengharuskan nama yang berbau Tiongkok diganti menjadi bahasa Indonesia.

Toko ini berada di Jalan Alkateri No 22 kota Bandung. Sekarang toko ini telah diteruskan kepada generasi ke-3. Menu yang menjadi andalan dan favorit pengunjung yaitu kopis susu dan roti selai sarikaya yang sangat nikmat dan menggoda. Namun bagi pelanggan yang beragama muslim harus cermat-cermat dalam memilih menu karena terdapat pilihan makanan non-halal juga.

5 dari 5 halaman

5. Restoran Braga Permai

5. Restoran Braga Permai

Saat melewati Jalan Braga, Kota Bandung, Anda pastinya akan menemukan restoran yang selalu ramai dipenuhi oleh para pengunjung. Namanya adalah Restoran Braga Permai yang telah berdiri sejak 1923, dan terus menjadi primadona hingga saat ini. 

Awalnya restoran ini memiliki gaya bangunan tradisonal Eropa bernama Maison Bogerijen, dan hanya bias dinikmati oleh kalangan elite warga Eropa yang berada di Bandung. Dan setelah insiden kebakaran yang terjadi sekitar tahu 60-an membuat bangunan restoran ini harus direnovasi. 

Walaupun sekarang hanya tinggal setengah nuansa bangunan tempo dulu namun menu kuliner yang disediakan masih tetap dijaga citarasanya, dan dengan ditambahkan beberapa inovasi. Untuk menu makanan harga yang diberikan antara Rp 25.000 hingga Rp 150.000.

Apa Pendapatmu?

Artikel Terkait