Ada Orang yang Kena Serangan Jantung? Jangan Panik, Lakukan 5 Langkah Pertolongan Pertama Ini

ZonaSeru.id - MaxNyoos.com - Pernah menemui situasi, ketika didekatmu ada orang yang terserang penyakit jantung? Tentu kamu akan kaget dan panik karena tidak tahu apa yang harus diperbuat. Ya memang, jika tak punya pengetahuan tentang bagaimana menghadapi orang yang jantungan, yang datang adalah kepanikan. Apalagi ini soal penyakit yang katanya menjadi salah satu pembunuh paling banyak.

Dilansir dari Majalah Tempo, inilah 5 hal yang harus kamu lakukan jika orang disekitarmu tiba-tiba diserang oleh penyakit jantung.

1 dari 5 halaman

1. Soal lokasi

Ketika di dekatmu, entah itu dikantor, rumah, atau di jalan tiba-tiba ada yang terserang penyakit jantung, hal yang pertama yang harus dilakukan, bersikap tenang. Kamu harus pastikan, di dekat si korban itu aman atau tidak. Maksudnya, apakah ada aliran listrik atau mungkin ada benda yang rentan jatuh. Bila aman, kita lanjutkan ke langkah kedua.

2 dari 5 halaman

2. Periksa denyut nadi korban

Jika lokasi di dekat si korban benar-benar tak ada yang membahayakan, periksa denyut nadinya. Gunakan jari tangan atau periksa nafas si korban. Caranya, ya dengan melihat dadanya, apakah naik turun atau tidak.

Sekarang langkah ketiga.

3 dari 5 halaman

3. Memompa dada si korban

Letakan tanganmu di dada si korban. Posisinya, tangan kanan dibawah tangan kiri. Lalu tekan atau pompa dadanya. Lakukan sebanyak 30 kali. Lanjut ke langkah keempat

4 dari 5 halaman

4. Memberi nafas buatan

Jika dipompa yang dilakukan tak ada hasil, atau tidak ada perubahan, segera lakukan langkah keempat ini, memberi nafas buatan dari mulutmu ke mulut si korban. Lakukan sebanyak dua kali. 

Langkah terakhir ...

5 dari 5 halaman

5. Menstabilkan posisi si korban

Setelah memberi nafas buatan, posisikan si korban dalam posisi aman. Posisikan si korban dalam posisi tidur miring ke arah kiri. Dan, tangan si korban harus jadi bantalan kepalanya. Hati-hati melakukannya. 

Berikan Pendapatmu

Artikel Terkait