11 Cara Menjaga Kesehatan Organ Reproduksi Bagi Pria dan Wanita

ZonaSeru.id - Kesehatan Organ Reproduksi sama pentingnya dengan menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Apabila organ intim tidak mendapat perawatan dengan baik, bisa menyebabkan masalah kesehatan seperti jamur bahkan masalah berat seperti infertilitas. Karena itu perlu diketahui bagaimana cara menjaga kesehatan organ reproduksi yang baik dan benar.

Menjaga kesehatan reproduksi dapat dimulai dari masa remaja, karena masa tersebut perpindahan menuju dewasa yang ditandai dengan haid pertama kali untuk remaja perempuan sedangkan untuk laki-laki mimpi basah. Kesehatan reproduksi adalah tidak hanya semata-mata bebas dari penyakit, tetapi juga sehat secara fisik, mental maupun sosial.

Lalu, bagaimana sih caranya untuk menjaga kesehatan organ reproduksi untuk pria dan wanita?

1 dari 12 halaman

1. Rajin Membersihkan Organ Intim

1. Rajin Membersihkan Organ Intim Menjaga Kebersihan Alat Reproduksi

Terkadang masih banyak orang yang belum paham bagaimana cara membersihkan organ intim dengan benar. Meski sepele, namun hal ini dapat berdampak besar terhadapa kesehatan organ seksual. Bersihkan dari depan ke belakang, terutama bagi para wanita.

Membersihkan organ reproduksi dari belakang ke depan bisa menyebabkan terbawanya bakteri dari anus ke vagina yang bisa memicu infeksi. Dengan rutin membersihkan organ intim akan memberikan manfaat yang baik untuk menjaga kebersihan alat reproduksi.

2 dari 12 halaman

2. Rajin Mengganti Celana Dalam

2. Rajin Mengganti Celana Dalam Rutin Mengganti Celana Dalam

Bagi kamu yang malas mengganti celana dalam hal ini bisa memicu timbulnya rasa gatal dan jamur loh. Sebaiknya gantilah minimalm 2 kali sehari. Pilihlah bahan celana  dalam yang menyerap keringan dengan baik dan nyaman digunakan.

Baca Juga : 13 Fakta Menarik Seputar Celana Dalam Yang Harus Kamu Ketahui

3 dari 12 halaman

3. Makanan Sehat

3. Makanan Sehat Makanan Bergizi

Cara menjaga kesehatan organ reproduksi yang ketiga yaitu dengan rajin mengkomsumsi makanan sehat. Organ intim pria maupun wanita memerlukan nutrisi seperti serat, protein, vitamin, antioksidan, dan folat.

Nutrisi ini bisa kamu dapatkan dari mengkomsumsi kacang-kacangan, susu, daging, sayur, telur, dan buah-buahan. Hindari minuman berkafein yang bisa berdampak buruk untuk kesuburan organ intim.

4 dari 12 halaman

4. Aktivitas Seksual yang Aman

4. Aktivitas Seksual yang Aman Berhubungan Seks dengan Aman

Melakukan aktivitas seksual yang tidak aman dan tidak higienis dapat memicu penularan penyakit seksual yang berbahaya. Karen itu sangat penting untuk melakukan kegiatan seks dengan aman, seperti menggunakan pengaman agar terhindar dari penyakit, dan tidak bergonta-ganti pasangan.

Baca Juga 5 Posisi Bercinta Ini Dapat Membuat Wanita Cepat Orgasme

5 dari 12 halaman

5. Melakukan Check-up dan konsultasi ke Dokter

5. Melakukan Check-up dan konsultasi ke Dokter Konsultasikan dengan Dokter Ahli

Sangat dianjurkan untuk rutin melakukan check-up ke dokter, terutama bagi kamu yang sudah aktif secara seksual. Hal ini merupakan cara menjaga kesehatan organ reproduksi agar terhindar dari penyakit yang mungkin bisa menyebabkan masalah infertilitas.

6 dari 12 halaman

6. Hindari Kebiasaan Merokok

6. Hindari Kebiasaan Merokok Berhenti Merokok

Sangat disarankan untuk menghindari kebiasaan merokok. Bagi kamu yang terlalu banyak merokok bisa menyebabkan impotensi pada laki-laki. Terlebih bagi yang sedang menjalani program kehamilan. Perokok kronis diketahui memiliki kualitas dan kuantitas sperma yang rendah

7 dari 12 halaman

7. Hindari Minum Alkohol

7. Hindari Minum Alkohol Berhenti Minum Alkohol

Selain kebiasaan merokok, minum minuman beralkohol secara berlebihan telah terbukti dapat memengaruhi kesehatan mental dan tubuh. Dengan tidak mengonsumsi minuman beralkohol akan menjaga kesehatan organ reproduksi menjadi lebih sehat.

8 dari 12 halaman

8. Rajin Olahraga Secara Teratur

8. Rajin Olahraga Secara Teratur Olahraga Secara Rutin

Menjaga kesehatan organ intim juga bisa dilakukan dengan rajin olahraga secara rutin. Dengan melakukan aktivitas fisik yang teratur akan mencegah timbulnya obesitas, menambah stamina tubuh, dan menyehatkan organ reproduksi. Manfaatnya, performa seks bisa menjadi lebih baik. 

9 dari 12 halaman

9. Sunat/Khitan bagi Pria

9. Sunat/Khitan bagi Pria Melakukan Sunat/Khitan

Bagi para kaum Adam menjalani sunat/khitan sangat dianjurkan loh. Hal ini untuk menghindari risiko infeksi yang disebabkan oleh kotoran (smegma) yang menumpuk di bawah kulit kulup (ujung penis).

10 dari 12 halaman

10. Hindari stress

10. Hindari stress Tidur dapat Mengurangi Stress

Memberikan waktu yang cukup bagi tubuh untuk beristirahat dapat mengurangi stress. Tidurlah secara teratur setidaknya berkisar 7-8 jam sehari.

Baca Juga Menghilangkan Stress di Akhir Pekan Dengan Kegiatan Menyenangkan

11 dari 12 halaman

11. Hindari menggunakan celana ketat

11. Hindari menggunakan celana ketat

Kebiasaan mengenakan celana ketat juga tidak baik untuk menjaga kesehatan organ reproduksi. Karena celana ketat bisa menekan bagian skrotum serta meningkatkan suhu disekitar daerah skrotum.

12 dari 12 halaman

Inilah 11 Cara Menjaga Kesehatan Organ Reproduksi baik pria maupun wanita. Dengan menjaganya, akan memberikan manfaat pada kualitas sperma pada alat reproduksi. Selain itu, salah satu manfaat buah nanas dapat meningkatkan jumlah sperma bagi pria loh. 

Berikan Pendapatmu

Artikel Terkait