Enak dan Bikin Ketagihan, 5 Kuliner Jogja ini Wajib Kamu Coba!

ZonaSeru.id - Berkunjung ke kota Jogja, akan semakin lengkap jika kamu mencicipi beragam kulinernya. Jogja sendiri merupakan salah satu kota yang banyak dikunjungi oleh turis di Indonesia. Hal ini tidak lepas dari beragam wisata menariknya mulai dari wisata alam, wisata buatan, wisata sejarah hingga wisata kulinernya. Kuliner legendaris Jogja sendiri ada banyak macamnya.

Bagi kamu yang berkesempatan berkunjung ke kota Jogja, tidak ada salahnya untuk menyempatkan diri mencicipi kuliner Jogja yang berikut ini!

1 dari 5 halaman

1. Gudeg

1.	Gudeg Gudeg Makanan Wajib di Jogja | Image Source : goodnewsfromindonesia.id

Gudeg dan Jogja memang dua kata yang tak terpisahkan lagi. Gudeg sendiri masuk ke dalam salah satu kuliner legendaris kota Jogja yang pastinya harus kamu coba. Gudeng terbuat dari bahan utama yang berupa nangka muda dengan cita rasa yang manis dan gurih. Masakan ini enak untuk dinikmati bersamaan dengan opor ayam, krecek hingga lauk pauk yang lain seperti halnya tempe bacem, kerupuk, tahu dan tempe. 

Ada 2 macam Gudeg yang bisa ditemukan di Joga yaitu gudeg basah dan gudeg kering. Perbedaan dari kedua macam gudeg ini adalah kekentalan dari santan gudengnya. 

Gudeg Jogja bisa ditemukan di banyak lokasi di kota ini, bahkan dapat pula ditemukan di warung-warung pinggir jalan. Harga yang murah dan rasa yang enak, membuat wisatawan bakal ketagihan dengan masakan Jogja yang satu ini.

2 dari 5 halaman

2. Sego kucing

2.	Sego kucing Kuliner Malam Khas di Jogja | bondhet-sego-kucing.business.site

Ada juga sego kucing Jogja yang siap membuat kenyang namun tak perlumahal-mahal. Sego kucing dihargai dengan harga yang sangat murah namun dengan porsi yang kecil. Sego kucing adalah nasi yang dibungkus menggunakan daun pisang dengan beberapa lauk campuran seperti halnya sambal teri kacang, bandeng, oseng atau dengan orek tempe. 

Sego kucing merupakan menu utama yang bisa kamu temukan di angkringan Jogja. Berada di angkringan, kamu juga bisa mengisi perut yang lapar sehabis jalan-jalan dengan beragam gorengan hingga minuman jahe ataupun es jeruk dan pastinya es teh.

3 dari 5 halaman

3. Bakmi Jawa Goreng

3.	Bakmi Jawa Goreng Bakmi Khas Jawa : Image Source : dapurumami.com

Selain Gudeg, kamu juga bisa menyempatkan diri mencicipi bakmi Jawa gorengnya Jogja. Masakan yang satu ini terbuat dari mie yang kemudian diolah dengan beragam campuran sayur dan juga daging. Sama seperti halnya gudeg, bakmi Jawa goreng juga sama-sama enaknya dan pastinya harganya cukup ramah di kantong. Cocok bagi kamu yang ingin makan enak dan kenyang namun tetap hemat. 

4 dari 5 halaman

4. Oseng-oseng mercon

4.	Oseng-oseng mercon Nikmatnya Oseng Mercon Khas Jogja | Image Source : diahdidi.com

Kuliner legendaris Jogja yang selanjutnya adalah oseng-oseng mercon. Masakan yang satu ini cocok bagi kamu para penggemar pedas. Oseng-oseng Mercon dari bahan dasar yang berupa daging sapi, kikil dan juga cabe rawit. Diberi dengan embel-embel mercon lantaran rasanya yang pedas dan pastinya bakalan bikin kamu ketagihan untuk mencicipinya lagi dan lagi. 

5 dari 5 halaman

5. Nasi tiwul

5.	Nasi tiwul Makanan khas Gunung Kidul | Image Source : jejaknoe.net

Ada juga nasi tiwul yang menjadi makanan khas dari Gunung kidul. Nasi yang satu ini memiliki rasa yang enak dan biasanya disajikan dengan beragam lauk pauk di atasnya. Meski demikian, nasi tiwul juga enak meski hanya dinikmati dengan sambal saja lho. selain nasi tiwul, kamu juga bisa coba olahan sego Abang Jirak yang sama-sama enak dan bergizinya.

Bagi kalian yang penasaran dengan kuliner legendaris Jogja, tidak ada salahnya mampir dulu ke beberapa warung makan disana. Selain itu jangan lupa bawa bakpia, yangko, cenil khas Jogja dan coklat Monggo untuk oleh-oleh di rumah ya.

Apa Pendapatmu?

Artikel Terkait