Fakta! Terbukti Ahok Divonis 2 Tahun Penjara Kasus Tentang Penodaan Agama

ZonaSeru.id - Nama Alias Ahok atau Basuki Tjahaja Purnama sudah divonis untuk hukuman 2 tahun masuk penjara. Gubernur DKI Jakarta ini telah dinyatakan sudah terbukti sah dan meyakinkan kasus tentang menodai agama.

Bukti yang secara sah dan menyakinkan kesalahannya dalam melakukan penodaan agama, dengan hukuman pidana penjara selama 2 tahun. Ujar dari ketua majelis hakim bernama Dwiarso Budi Santiarto dan dalam sidang yang telah dilaksanakan di Pengadilan Negeri Jakarta Utara tepatnya di Auditorium Kementerian Pertanian pada hari Selasa kemarin.

Keputusan tersebut lebih berat daripada tuntutan jaksa penuntut umum. Ahok telah dituntut vonis hukuman penjara selama 1 tahun dengan masa percobaan yang cukup lama 2 tahun. Jaksa tersebut menilai Ahok yang hanya terbukti melakukan penghinaan pada golongan, bukan menghina pada agama.

1 dari 2 halaman

Terdakwa telah dituntut masa hukuman di penjara selama 1 tahun dan dengan masa percobaan selama 2 tahun. Terdakwa tersebut telah terbukti secara sah dan sudah meyakinkan sebagaimana dakwaan kedua. Ujar dari ketua tim jaksa penuntut umum, Ali Mukartono. Pada saat membacakan surat tuntutan untuk terdakwa pada hari Kamis kemarin.

Alternatif yang kedua telah merujuk pada Pasal 156 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana untuk terdakwa. Pasal tersebut telah mengatur tentang seseorang yang sudah sengaja menyatakan perkataan dari perasaan permusuhan, kebencian, atau penghinaan kepada beberapa golongan rakyat Indonesia.

Baca Juga : Situs Pengadilan Negeri Negara Diretas, Setelah Ahok Di Vonis 2 Tahun Penjara

2 dari 2 halaman

Tapi vonis untuk si terdakwa telah merujuk ke dakwaan yang pertama, yaitu pada Pasal 156 a KUHP yang telah mengatur semua perbuatan seseorang yang secara spesifik mengeluarkan perasaan dan melakukan perbuatan pada intinya bersifat untuk permusuhan, penodaan, atau penyalahgunaan terhadap salah satu agama yang dianut di Indonesia.

Terdakwapun akhirnya mengakui kesalahannya dan telah dipenjara untuk mempertanggung jawabkan kesalahannya. Demikian informasi mengenai Ahok sebagai terdakwa yang sudah divonis penjara selama 2 tahun. Semoga terdakwa dibukakan pintu hatinya untuk lebih berhati - hati dalam mengucapkan atau mengungkapkan yang telah membuat orang atau golongan yang ada di Indonesia menjadi tersinggung.

Berikan Pendapatmu

Artikel Terkait