Indahnya Menjalin Persahabatan Yang Sehat

ZonaSeru.id - Menjalani persahabatan janganlah menjadi orang yang kaku, jangan juga terlalu banyak ekspresi yang membuat kamu kelihatan over acting. Tidak bisa dipungkiri bahwa dalam sebuah persahabatan ada beberapa karakter manusia yang harus disatukan. Ini bukan perkara mudah tapi juga tidak terlalu rumit. Hal apa saja yang perlu kamu perhatikan dalam persahabatan ?

1 dari 3 halaman

1. Jangan pernah memaksa Sahabat yang suka bicara untuk menjadi pendiam, dan begitupula sebaliknya.

Cukup kalian saling mengedukasi agar bisa paham dengan benar kapan waktu untuk diam dan kapan harus bicara. Tidak ada salahnya sesekali merenungkan bahwa tujuan manusia memiliki dua mata, dua telinga, dan satu mulut adalah agar ia lebih banyak melihat dan mendengar ketimbang bicara.

2 dari 3 halaman

2. Persahabatan yang sehat tidak melulu harus diisi dengan obrolan serius, sesekali perlu diisi dengan candaan atau cerita dan tingkah lucu

Satu orang humoris biasanya mampu menularkan kebiasaannya kepada sepuluh bahkan seratus teman lainnya. Hal-hal lucu yang diperbuat orang humoris biasanya begitu cepat mendapat respon dari orang-orang yang memang sedang butuh hiburan. Namun dalam persahabatan, anda perlu hati-hati dalam bercanda atau menciptakan sesuatu yang lucu. Bercanda dan meluculah secara sehat. Bercanda dengan menyudutkan bahkan mengolok-olok teman yang lain seringkali menjadi hiburan tersendiri tapi kalian harus memahami batas sehatnya. Ibarat makanan enak, jika itu berlebihan juga akhirnya membuat eneg. Berhentilah bercanda sebelum candaan itu terasa menyakitkan untuk seseorang.

Baca Juga Ups !! Inilah Bahayanya Jatuh Cinta Dengan Sahabat

3 dari 3 halaman

3. Persahabatan yang sehat tidak akan membicarakan ataupun menjelekkan orang lain.

Seseorang kadang dengan enteng mengatakan bahwa dalam persahabatan itu tidak boleh cepat tersinggung atau merasa tersudut. Seseorang yang memiliki selera humor yang baik jangan dianggap tidak bisa tersinggung. Orang humoris juga memiliki batas di mana ia bisa terluka oleh kata-kata. Maka sebaiknya kalian memiliki batas-batas dalam membuat candaan.

Salah satu teman diperlakukan tidak wajar oleh orang-orang yang mengaku temannya. Fotonya yang ganteng malah diutak-atik, diedit sedemikian rupa sehingga hasilnya serupa perempuan berhijab. Tidak sampai di situ, foto itu lalu diposting di media sosial sehingga muncul berbagai komentar aneh dan kasar, puluhan olok-olokan dengan maksud melucu. Hei, ini sama sekali tidak lucu, ini bukan bercanda lagi namanya. Ini pelecehan. Mereka sudah melewati batas sehat sebuah candaan. Parahnya lagi ketika teman ini merasa tersinggung dengan kelakuan temannya, malah semakin disudutkan. Dianggap terlalu ngambekan jadi seorang cowok. Sungguh mereka teman yang bangsat.

Sungguh, persahabatan harus dijalani dengan sehat. Persahabatan yang sehat adalah saling mengedukasi. Persahabatan tidak boleh monoton, warnai dengan hal-hal indah. Jangan terlalu serius, sesekali isilah dengan senyum tawa, cerita dan tingkah lucu tapi ingat melucu itu harus sehat. Bagaimanapun mengolok-olok secara berlebihan hingga melecehkan seseorang tidak pernah lucu.

Topik Terkait :

sahabat

Apa Pendapatmu?

Artikel Terkait