Inilah 10 Manfaat Meditasi Bagi Kesehatan yang Jarang di Ketahui Orang

ZonaSeru.id - MaxNyoos.com - Mungkin Anda pernah mendengar bahwa “meditasi baik untuk dilakukan”. Tapi Anda tidak mengatahui baik dalam hal apa? Berikut adalah 10 manfaat yang sangat menakjubkan dari meditasi.

1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Berlatih meditasi secara signifikan meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. Studi dari 2013, menemukan bahwa peserta yang bermeditasi secara teratur memiliki peningkatan pada fungsi sistem kekebalan tubuh mereka. Hal ini terutama dicatat pada pasien dengan sistem kekebalan penyakit kanker atau HIV. Studi lain menemukan bahwa orang yang bermeditasi memiliki peningkatan antibodi dalam darah yang melawan virus seperti flu dan infeksi.

2. Mengurangi Stress

Meditasi adalah salah satu cara  yang terbaik dan paling sederhana untuk membantu mengurangi stres,  Studi telah menemukan bahwa jika Anda berlatih meditasi 10 menit dalam sehari, Anda dapat secara signifikan mengurangi stres dan menurunkan kecemasan.  Studi lainnya menemukan bahwa orang yang bermeditasi selama satu jam satu kali seminggu selama tujuh minggu efektif menurunkan gangguan mood baik pria dan wanita dari segala usia. 

3. Mengurangi Kecemasan dan Depresi

Sebuah studi review di Johns Hopkins University menemukan bahwa meditasi dapat mengurangi gejala kecemasan dan depresi, mirip dengan sebuah obat antidepresi. Sebuah jenis meditasi yang disebut meditasa kesadaran juga telah ditemukan untuk membantu meringankan gejala kecemasan dan depresi. 

1 dari 2 halaman

4. Mengurangi Peradangan Tubuh

Ini adalah salah satu manfaat yang paling mengejutkan dari meditasi . Meditasi ternyata efektif dalam mengurangi peradangan dalam tubuh Anda. Sebuah studi menemukan bahwa orang-orang yang berpartisipasi dalam 8 minggu pelatihan meditasi mengalami  penurunan peradangan tubuh lebih baik daripada mereka yang menggunakan diet dan olaraga lainnya.

2 dari 2 halaman

5. Menurunkan Tekanan Darah

Salah satu studi menemukan bahwa meditasi sangat efektif bagi 40 dari 60 pasien dengan tekanan darah tinggi, bahkan meditasi dampat membantu mereka berhenti minum obat tekanan darah. 

6. Mengurangi risiko penyakit Jantung dan Stroke

Lebih banyak orang didunia  meninggal karena penyakit jantung  dibandingkan karena penyakit lainnya. Dalam sebuah penenlitian yang diterbitkan pada akhir 2012, dicatat bahwa meditasi " secara signifikan mengurangi risiko kematian akibat penyakit jantung dan stroke. Perubahan ini dikaitkan dengan tekanan darah rendah dan faktor stres psikososial

7. Membantu meningkatkan kualitas tidur

Seorang dokter dari Harvard University menjelaskan meditasi sebagai salah atu cara terbaik untuk memicu "respon relaksasi". Mereka yang mengalami kesulitan tidur mengalami perubahan besar dengan bermeditasi. Satu studi menemukan bahwa orang dewasa yang berlatih meditasi 6 kali selama seminggu mencatat adanya peningkatan kualitas tidur dan berkurangnya insomnia. Meditasi juga dapat membantu sesorang yang mengidap insomnia tertidur dua kali lebih cepat dari pada biasanya, Hasil ini juga tampaknya berlangsung dalam jangka waktu yang panjang. Bahkan 91 % dari orang yang menggunakan obat karena kesulitan tidur mengaku dapat mengurangi dosis obat atau bahkan benar-benar menghentikan meminum obat tidur setelah mengikuti meditasi. 

Baca Juga Inilah Dampak Negatif Bagi Kesehatan Jika Langsung Tidur Setelah Sahur

8. Mengurangi Risiko Alzhemeir dan Kematian Dini

Hasil dari penelitian terbaru, yang dipublikasikan secara online dalam Jurnal Brain, Behavior dan Immunity, menyatakan hanya dalam 30 menit meditasi dalam sehari tidak hanya mengurangi rasa kesepian, tetapi juga mengurangi risiko penyakit jantung, depresi, Alzheimer, dan Kematian dini.

9. Mengurangi Nyeri

Ini adalah Manfaat lain yang sangat menarik dari meditasi. Saya tidak akan ernah menduga bahwa meditasi bisa membantu mengurangi rasa sakit. sebuah studi menemukan bahwa meditasi dapat mengurangi gejala nyeri otot , dan nyeri kepala.

10. Melancarkan Sirkulasi Darah

Meditasi sangat santai dan membantu menurunkan hormon stres yang Anda diproduksi dalam tubuh yang berguna untuk  menurunkan detak jantung Anda. Sudah ditemukan bahwa mereka yang bermeditasi memiliki tarif jantung yang lebih rendah, sirkulasi darah yang lebih baik dan tingkat yang lebih rendah dari lipid peroksida (yang dapat menyebabkan aterosklerosis).

Berikan Pendapatmu

Artikel Terkait