Inilah asal-usul Nama "Coffee Break" yang Asli dan Pastinya Kalian Belum tahu

ZonaSeru.id - Pasti kamu pernah denger tentang "Coffee Break". Biasanya pada saat seminar atau rapat, akan tetapi kamu nggak paham arti yang sebenarnya dari nama tersebut. Nama Coffee Break sendiri punya istilah untuk istirahat singkat sekitar 10 - 20 menit pada jam kerja, pada sebuah acara pertemuan ataupun perkumpulan, yang merupakan waktu umum supaya bisa meminum dan menikmati secangkir kopi, teh, ataupun makanan kecil. Pastinya kamu pernah kan?

1 dari 3 halaman

Biasanya tradisi ini juga bisa dibilang sebagai istirahat minum teh, atau Afternoon Tea. Coffee Break sendiri juga dilakukan pada waktu istirahat dan juga sering diwajibkan buat para karyawan di sejumlah kantor atau industri.

Baca Juga : Inilah Manfaat dan Khasiat yang Terkandung dalam Secangkir Kopi.

Sejarah dari Coffee Break ini yang konon katanya dimulai di kota Stoughton, Washington, pada akhir tahun 1800an. Istilah dari Coffee Break terus meningkat dalam hal popularitas pada tahun 1950-an, dan sampai sekarang juga masih menjadi bagian umum di banyak wilayah.

2 dari 3 halaman

Seorang warga Italia pada tahun 1901 yang menjadi pemilik pabrik bernama "Luigi Bazzera" mencari cara untuk mempercepat menghabiskan waktu Coffee Break buat para pekerja atau karyawannya. Karena adanya Coffee Break, para pekerjanya dapat minum dengan memakan waktu yang sedikit singkat supaya mereka lebih cepat kembali bekerja. Ternyata muncullah penemuan baru yang dapat menyajikan minuman panas dalam waktu yang relatif cepat karena ada bantuan dari tenaga mesin supaya dapat mem-pressure air panas melewati kopi bubuk.

Dalam waktu yang sedikit bersamaan pada tahun 1902-an tersebut, perusahaan yang bernama "Barcelo Manufacturing Company" yang kemudian berganti nama menjadi "Barcolounger" yang secara resmi menyatakan Coffee Break menjadi bagian penting untuk para pekerjanya. Pada waktu itu, para pekerja melakukan negosiasi supaya dapat beristirahat singkat di pagi dan sore hari dan salah satu dari para pekerja bersukarela bertugas untuk memanaskan kopi di atas plat besi pada waktu istirahat.

3 dari 3 halaman

Seiring berjalannya waktu, nama "Coffee Break" diresmikan pertama kali oleh perusahaan "Buffalo". Pada tahun 1901 beberapa perusahaan menyediakan kopi gratis untuk karyawan-karyawannya.

Jadi, kesimpulannya makna dari "Coffee Break" adalah waktu istirahat yang singkat untuk para karyawan dengan cara meminum kopi ataupun teh dan memakan camilan ringan secara gratis. Karena seiring dengan perkembangan jaman dan teknologi, istilah "Coffee Break" yang sekarang pada umumnya adalah tempat-tempat nongkrong untuk anak muda dimana minuman kopi ataupun teh dan makanan ringan menjadi berbayar yang tarifnya sesuai dengan kondisi ekonomi yang ada.

Apa Pendapatmu?

Artikel Terkait