Inilah Resep Lembutnya Lapis Legit Khas Kota Pahlawan, Surabaya

Lapis legit khas surabaya merupakan oleh oleh yang harus dibawa setelah berkunjung ke Surabaya. Rasanya yang manis dan teksturnya yang lembut cocok untuk menemanimu disaat sore hari bersama kopi atau teh.

ZonaSeru.id – lapis legit sebenarnya bukan asli dari surabaya, namun makanan ini adalah makanan khas dari negeri kincir angin Belanda. Dalam bahasa belanda lapis legit disebut dengan Spekkoek. kue ini bentuknya memiliki lapisan lapisan yang berbeda warna, rasanya yang manis, dan juga teksur yang kokoh namun saat dimakan rasanya lembut ini cocok sekali menjadi teman minum kopi atau makanan pencuci mulut.

Kue Lapis Legit memang banyak di temukan di surabaya, sehingga banyak orang yang mengatakan belum ke Surabaya kalau belum membeli kue lapis legit. Kue yang identik dengan warna coklat dan kuning disetiap lapisannya ini biasa disajikan di acara acara atau hari hari besar seperti lebaran, imlek, natal dan lain sebagainya.

Nah, buat kalian yang emang tidak sering berkunjung ke Surabaya, kalian bisa membuatnya sendiri di Rumah. ZonaSeru.id  bakalan bagi bagi resepnya.

BAHAN UTAMA

  • Gula pasir sebanyak 350gram
  • Telur sebanyak 30 butir telur (ambil bagian kuningnya saja)
  • Mentega butter sebanyak ½ kg
  • Tepung  terigu sebanyak 100 gram
  • Vanili bubuk sebanyak ½ sendok teh
  • Susu kental manis ¼ kaleng
  • Spekkoek  sebanyak 1 sendok makan
  • Pewarna makanan, kuning dan coklat

PROSES PEMBUATAN

1. Campurkan 1 sendok makan spekkoek dan juga tepung terigu, kemudian sisihkan

2. Kocok mentega butter dengan menggunakan mixer yang berkecepatan sedang. Lakukan hingga adonan mengembang. Setelah mengembang campurkan susu kental manis lalu aduk rata kembali, Kemudian sisihkan. Lalu  Kocok kuning telur, vanili dan gula pasir dengan menggunakan mixer dengan kecepatan sedang, tunggu hingga mengembang

3. Setelah adonan kuning telur,vanili, dan gula pasir mengembang tambahkan adonan mentega sedikit demi sediki dengan terus diaduk agar adonan tercampur secara merata. Lalu tambahkan tepung terigu kemudian aduk hingga merata 

4. Pisahkan adonan menjadi dua, kemudian beri pewarna makanan kuning dan coklat

5. Siapkan loyang yang sudah di lapisi dengan kertas minyak didalamnya  kemudian olesi loyang dengan menggunakan mentega butter dan jangan lupa taburi tepung

6. Panaskan open sampai suhu 160 derajat

7. Masukkan adonan kue berwarna kuning  sebanyak 4 sendok ke dalam loyang kemudian ratakan ke seluruh bagian loyang hingga membentuk lapisan kue.

8. Panggang di oven dengan api kecil selama 5 menit. Setelah adonan matang olesi dengan mentega kemudian masukkan kembali adonan berwarna coklat sebanyak 4 sendok kemudian ratakan di seluruh bagian loyang, lalu panggang kembali selama 5 menit.

9. Lakukan langkah 8 dan 9 hingga adonan habis. Saat memanggang bagian terakhir gunakan api atas dan bawah selama 10 menit agar matangnya merata.

10. Kue Lapis Legit pun siap dinikmati

Apa Pendapatmu?

Artikel Terkait