Makanan Untuk Memerangi Kanker Yang Dapat Kamu Tambahkan Pada Saat Diet

ZonaSeru.id - MaxNyoos.com - Sebagian besar penyebab kanker berasal dari  lingkungan: paparan sinar matahari, rokok dan bahan kimia yang berlebihan  didalam makanan yang kamu konsumsi.

Ada banyak artikel dan buku tentang makanan untuk melawan kanker. Banyak yang mengklaim bahwa jika  makan ini atau itu, kamu akan bebas dari kanker. Sebenarnya mengonsumsi makanan ini setiap hari tidak akan menjamin kamu  terhindar dari kanker. Sebaliknya, mereka mengandung sifat melawan kanker yang membantu menurunkan risiko terkena kanker.

Berikut adalah makanan terbaik untuk membantu mengurangi risiko terkena penyakit yang mengancam jiwa.

1 dari 9 halaman

1. Brokoli

1. Brokoli

Semua sayuran seperti kubis, kangkung, dan kembang kol, mengandung khasiat  melawan kanker. Diantaranya, brokoli adalah satu-satunya sayuran yang mengandung sejumlah senyawa sulforaphane penting, yang membantu tubuh dengan membuang bahan kimia yang menyebabkan kanker dan meningkatkan enzim pelindung tubuh.

Brokoli melawan beberapa jenis kanker seperti prostat, paru-paru, hati, perut, payudara dan kulit, jadi pastikan untuk memakannya bersama omelet, salad dan bahkan pizza.

2 dari 9 halaman

2. Teh

2. Teh

Ini adalah kabar baik bagi peminum teh. Teh mengandung flavonoid, termasuk jenis tertentu yang disebut kaempferol, yang telah terbukti memiliki efek antioksidan dan perlindungan kanker. Secara khusus, teh melindungi dari kanker ovarium pada wanita.

Teh juga memiliki katekin, jenis antioksidan lain, yang membantu mencegah kanker dengan menghalangi radikal bebas . Studi laboratorium juga menemukan bahwa antioksidan ini memiliki kemampuan untuk mengecilkan tumor. Teh hitam dan hijau memiliki katekin, tapi teh hijau  memiliki lebih banyak antioksidan.

3 dari 9 halaman

3. Tomat

3. Tomat

Dikenal memiliki jumlah lycopene yang signifikan, tomat membantu melawan kanker paru-paru, prostat, perut dan endometrium. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh Nutrition and Cancer, lycopene pada tomat dapat menghentikan pertumbuhan sel kanker endometrium, sejenis kanker yang menewaskan  hingga 8.000 nyawa setiap tahunnya.

4 dari 9 halaman

4. Berry

4. Berry

Ada banyak jenis buah beri dan semuanya mengandung fitonutrien, yang membantu melindungi tubuh dari kanker. Raspberry Hitam memiliki konsentrasi anthocyanin yang tinggi, sejenis fitokimia yang membantu memperlambat pertumbuhan sel premaligna. Berriy membantu melawan kanker mulut, kulit, kolon dan esofagus.

5 dari 9 halaman

5. Jahe

5. Jahe

Bumbu populer ini, yang telah dikenal untuk melawan mual, dapat juga digunakan untuk melawan kanker. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan di University of Michigan di Ann Arbor, jahe membunuh sel kanker dengan dua cara.

Baca Juga

Ladies, Ayo Lindungi Diri Dari Kanker Payudara Dengan Mengkonsumsi Makanan Ini

6 dari 9 halaman

6. Kenari

6. Kenari

Kenari memiliki phytosterol, molekul mirip choleaterol yang memiliki kemampuan untuk memblokir reseptor estrogen pada sel kanker payudara untuk memperlambat pertumbuhannya. Kenari membantu melawan kanker prostat dan payudara.

7 dari 9 halaman

7. Bawang putih

7. Bawang putih

Menurut Women's Health Study Iowa, wanita yang mengonsumsi makanan kaya bawang putih memiliki kesempatan 50% lebih sedikit untuk mendapatkan kanker usus besar daripada mereka yang makan lebih sedikit bawang putih dan tidak sama sekali. Bawang putih memiliki fitokimia, yang menghentikan pembentukan nitrosamine, sejenis karsinogen di perut.

8 dari 9 halaman

8. Kacang

8. Kacang

Sebuah studi di Michigan State University menemukan bahwa kacang hitam dan navy mengurangi jumlah  kanker usus besar pada tikus. Hal ini disebabkan oleh asam lemak kacang yang disebut butirat, yang telah terbukti memiliki efek perlindungan terhadap pertumbuhan sel kanker. Jadi, pastikan untuk menambahkan setengah cangkir porsi kacang ke dietmu setidaknya dua kali seminggu.

9 dari 9 halaman

9. Anggur

9. Anggur

Anggur merah dan  jus anggur  semuanya memiliki resveratrol, antioksidan yang membatasi pertumbuhan sel kanker dan mungkin membantu mencegah penyebaran sel kanker, menurut National Cancer Institute. Mengkonsumsi anggur merah dalam jumlah sedang setiap hari dikaitkan dengan risiko kanker prostat yang lebih rendah pada pria

Berikan Pendapatmu

Artikel Terkait