Para Pria, Apakah Wajib atau Tidak Untuk Mencukur Rambut Ketiak ?

ZonaSeru.id - MaxNyoos.com – Dalam sebuah survei yang dilakukan oleh Men's Health menanyakan kepada pembaca, perlukah pria mencukur bulu ketiaknya?

Dan hasil dari survei mengatakan sebagian besar pembaca menjawab: Ya, perlu, setidaknya sesekali pria perlu merapikan rambut-rambut di bawah lengannya. Dari total 4044 pria yang ikut survei, sebanyak 68% mengatakan bahwa mereka memangkas rambut ketiak mereka, dan 52% mengatakan bahwa mereka melakukannya untuk alasan estetika, sedangkan 16% mengatakan mereka melakukannya untuk alasan atletik. Ada sekitar 1 dari 10 orang yang disurvei mengatakan, jika mereka tidak pernah memangkas rambut ketiak mereka.

Pada lima atau sepuluh tahun yang lalu, jawaban hasil survei ini akan sangat berbeda, kata Craig Whitely. Whitely adalah seorang ahli perawatan pria terkemuka di Hollywood. Whitely mengatakan, beberapa tahun belakangan ini dorongan untuk merawat rambut selain rambut di kepala terus berkembang di kalangan pria dan tidak terbatas hanya pada rambut kemaluan.

Dari segi kedokteran Apakah pria memang memang perlu untuk mencukur rambut ketiaknya?

Daniel Lieberman, Ph.D., seorang professor biologi evolusi manusia dari Harvard University mengatakan “Untuk menjawab hal itu, kita perlu berpikir lagi, apakah sebenarnya kegunaan rambut ketiak bagi tubuh. Bahkan ilmu pengetahuan sendiripun tidak yakin kegunaannya. Mungkin saja itu pernah digunakan untuk menarik pasangan," 

Dalam ketiak terdapat banyak kelenjar apokrin yang menghasilkan keringat. Dalam keringat terdapat kandungan steroid, protein, lipid, dan bahan kimia lainnya yang dapat memberitahukan“informasi” mengenai diri dan keberadaan Anda. Dan aroma dari campuran zat-zat ini yang merupakan alat komunikasi di bawah sadar pria untuk menarik wanita.

Baca Juga Jangan terlalu sering begadang. begini akibatnya

Cara Yang Benar Untuk Mencukur Rambut Ketiak

Di luar dari masalah perlu tidaknya pria mencukur rambut ketiak, Anda perlu tahu cara melakukannya dengan cara yang benar jika ingin mencukurnya.

1. Cukur dalam keadaan basah

Gunakan alat cukur waterproof untuk mencukur rambut ketiak Anda, dan lakukanlah di dalam kamar mandi. Menguunakan air, terutama air hangat, dapat melembutkan rambut dan mengurangi gesekan yang terjadi antara permukaan kulit dan alat cukur yang dapat berpotensi menimbulkan luka.

1 dari 1 halaman

2. Potong pendek

Andapun tak perlu mencukurnya sampai licin botak. Setidaknya sisakan sekitar 2 sentimeter. Dan jika Anda mencukurnya sampai licin, Anda akan merasakan gatal-gatal ketika rambut itu mulai tumbuh kembali.

3. Tak perlu hemat aftercare

Kulit ketiak akan menjadi lebih sensitive seuasai Anda memangkas bulu-bulunya, jadi jangan menggunakan deodorant atau pewangi ketiak lainnya karena hal ini dapat menyebabkan iritasi kulit. Tunggulah sekitar dua sampai tiga menit setelah itu gunakan deodorant.

Berikan Pendapatmu

Artikel Terkait