Peluncuran Perdana Smart Card "Chipset Scard XCT136 " Buatan Indonesia

ZonaSeru.id - MaxNyoos.com – Baru-baru ini PT Xirka Silicon Technology meluncurkan sebuah produk smart card terbaru yang diberi nama Chipset Scard XCT136. Produk terbaru ini, menggunakan prosesor yang juga mendukung komunikasi dengan BTS operator telekomunikasi selular lainnya berdasarkan standard GSM. 

Yang artinya, produk ini juga dapat digunakan untuk SIM Card operator selular. Namun dari pihaknya sendiri baru ingin memfokuskan untuk chipset smartcard yang dapat difungsikan diluar penggunaan SIM Card. Seperti misalnya, untuk keperluan kartu identitas, loyalty card, kontrol akses, atau kartu mahasiswa juga.

"Untuk tahap pertama ini, kita memfokuskan terlebih dahulu untuk universitas. Ini karena jumlah mahasiswa sekitar 7 jutaan ya," tutur Sylvia W. Sumarlin selaku CEO PT Xirka Silicon Technology, pada acara peluncuran itu di Jakarta, Jumat (12/5).

Baca Juga Membuat Media Center Pribadi dengan Raspberry dan OS KODI (Do It Yourself)

Terangnya, smart card ini akan coba diimplementasikan pada beberapa kampus sebagai pilot project. Dan beberapa kampus yang bakal dijadikan pilot project adalah ITB, UI, Unhas, Universitas Telkom.

Smart card ini juga dilengkapi dengan sistem keamanan yang mumpuni, dimana dilengkapi security engine DES dan 3DES sehingga menjaga keamanan data. Tidak hanya itu, Chipset Xirka ini memiliki memori flash sebesar 136 Kbyte sehingga dapat menyimpan beragam aplikasi dan data. 

Chipset yang dibuat oleh Xirka ini sejatinya adalah merupakan pengembangan yang telah dikerjakan selama 10 tahun, dan dari Xirka sendiri telah mengeluarkan dana investasi yang sangat besar.

"Nilainya cukup besar selama ini. Mungkin bisa mencapai Rp 80-90 miliar ya," terang CEO PT.Xirka Silicon

Berikan Pendapatmu

Artikel Terkait