Rekomendasi 16 Kuliner Khas Sulawesi Selatan Yang Wajib Kamu Coba Saat Berkunjung ke Makassar

ZonaSeru.id - Masakan Indonesia memang terkenal kaya akan cita rasanya. Bahkan beberapa kuliner mampu bersaing dengan kuliner dunia lainnya. Sebagai contoh yaitu kuliner Sulawesi Selatan yang memiliki banyak makanan khas yang autentik.

Berbagai macam rasa mulai dari ber-kuah hingga cemilan manis menjadi sajian khas dari kota Ini. Beberapa kuliner khas ini juga sulit untuk ditemukan di daerah lain, bahkan memiliki rasa yang unik bagi orang yang belum pernah mencobanya.

1 dari 4 halaman

Buras

Buras Source : pesonamandar.com/

Masyarakat Makassar pada umumnya menikmati buras yang disajikan dengan Coto Makassar. makanan ini sangat cocok dimakan ketika musim hujan, di sore hari ataupun malam hari. Penyajian buras dengan coto Makassar menambah kelezatan pada kuliner khas satu ini.

Buras sendiri bentuknya sangat mirip dengan lontong. Bahan utama membuat buras adalah beras. Cara pembuatannya dikukus menggunakan daun pisang. Perbedaan buras dengan lontong adalah terlihat dari bentuknya. Buras memiliki bentuk yang lebih lebar. Buras biasanya juga bisa dinikmati dengan menambahkan gula, garam ataupun cabe.

2 dari 4 halaman

Nasu Palekko

Nasu Palekko Source : today.line.me

Nasi palekko adalah makanan yang wajib dicicipi wisatawan ketika berkunjung ataupun berlibur ke Sulawesi Selatan. Nasi palekko sendiri memiliki kesamaan bentuk dan rasa dengan rendang jika diolah dari daging sapi.

Biasanya masyarakat Sulawesi Selatan mengolah nasu palekko dari daging sapi ataupun daging bebek. Banyaknya rempah-rempah dalam nasi palekko menjadikan makanan ini semakin lezat ketika dicicipi masyarakat. Namun, masyarakat di Sulawesi Selatan lebih sering mengolah nasi palekko dengan daging bebek. Daging bebek adalah menu favorit bagi masyarakat sekitar.

3 dari 4 halaman

Baje Canggoreng

Baje Canggoreng Source : dictio.id/

Bagi pecinta kuliner yang menyukai rasa manis, bisa mencoba makanan khas yang satu ini. Baje canggoreng adalah salah satu cemilan manis dari Sulawesi Selatan. Pembuatan baje canggoreng sendiri diolah dengan bahan utama kacang goreng.

Pembuatan baje canggoreng sendiri yaitu mengolah kacang dengan gula merah. Baje canggoreng biasa dikonsumsi sebagai cemilan. Rasa gula merah yang berpadu dengan kacang ketika digigit menambah kelezatan dari cemilan ini. Cemilan kering ini bisa dijadikan oleh-oleh bagi para wisatawan dari luar Sulawesi Selatan.

4 dari 4 halaman

Putu Cangkiri

Putu Cangkiri Source : makassarguide.com/

Cemilan manis khas Sulawesi Selatan tidak hanya baje canggoreng, juga putu cangkiri. Putu cangkiri adalah makanan berjenis kue. Putu cangkiri biasanya disajikan dalam bentuk 2 warna, yaitu putu cangkiri berwarna putih dan merah.

Putu cangkiri yang berwarna putih diolah dari gula putih. Begitupun sebaliknya, putu cangkiri yang berwarna merah berasal dari gula merah. Para wisatawan wajib mencoba kue khas manis ini ketika berkunjung. Putu cangkiri juga bukan hanya bisa dinikmati oleh wisatawan ketika berkunjung, tapi juga bisa untuk dibawa pulang dan dijadikan oleh-oleh.

Baca Juga 26 Kuliner Khas Masyarakat Bugis Yang Wajib Kamu Coba

Berikan Pendapatmu

Artikel Terkait