Rekomendasi 16 Makanan Khas Sulawesi Tengah Yang Wajib Kamu Coba Saat Berkunjung

ZonaSeru.id - Berkunjung ke area Timur Indonesia, salah satunya Sulawesi Tengah atau biasa disebut Sulteng dengan ibu kota-nya Palu. Selain tempat wisata, Sulawesi Tengah juga terkenal dengan kuliner khasnya yang menggoda selera. Berikut ini 16 Rekomendasi Makanan Khas Sulawesi Selatan yang wajib kamu cobain.

1 dari 11 halaman

Kaledo

Kaledo Source Gambar : misteraladin.com

Kuliner wajib di Sulawesi Tengah yang pertama ini berasal dari kota Palu. Berupa sup kaldu dari daging sapi dan tulang sumsum. Kaledo dimasak dalam waktu yang cukup lama, tak heran dagingnya lembut dan kaldu kental.

Cara merebusnya pun cukup unik. Dimana ketika air yang digunakan sudah tinggal sedikit, akan ditambah lagi hingga tulang sumsum dan daging sapi mulai mengelupas. Saat daging mulai mengelupas, barulah bumbu lainnya dimasukkan untuk memperkuat rasa daging sapi tersebut.

2 dari 11 halaman

Uta Dada

Uta Dada Makanan Khas Sulawesi Tengah | Source Gambar : negerisendiri.com

Uta dada yang artinya adalah kuah santan. Menu satu ini memiliki kuah santan yang kuat dengan aroma khas. Biasanya makanan ini menngunakan ayam kampung atau ikan cakalang. Kuah santan dipadukan dengan rasa pedas dan sedikit asam. Rasanya yang khas menjadikan makanan ini kesukaan warga di daerah tersebut.

Baca Juga 26 Kuliner Khas Masyarakat Bugis Yang Wajib Kamu Coba

3 dari 11 halaman

Palumara

Palumara Ikan Palumara | Source Gambar : resepmasakterbaru.com

Makanan khas Kota Palu lainnya yaitu Palumara. Penamaan kuliner ini diambil dari ekspresi orang setelah makan yang akan terlihat seperti orang yang sedang marah. Rasa pedas inilah yang menjadi daya tarik tersendiri dari menu ini. Selain pedas, juga terdapat rasa asam sehingga berpadu menjadikannya nikmat disantap disiang hari.

4 dari 11 halaman

Uta Kelo

Uta Kelo Sayur Kelor di Masak Santan | Source Gambar : idntimes.com

Uta Kelo artinya sayur santan daun kelor. Uniknya, Uta Kelo dimasak dengan beberapa potongan ikan, dan potongan pisang kepok sebagai pelengkap. Rasanya tentu unik, karena itu kamu wajib mencoba menu khas Sulawesi Tengah satu ini.

Baca Juga 10 Rekomendasi Tempat Wisata di Takalar Sulawesi Selatan, Hanya 1 Jam Dari Kota Makassar

5 dari 11 halaman

Lalampa

Lalampa Lalampa Khas Sulawesi Tengah | Source Gambar : genpi.co

Bentuknya hampir seperti lemper, namun bedanya pada isi dari lalampa. Lalampa terbuat dari beras ketan, santan, beberapa bumbu, dan ikan cakalang yang menjadi bahan utama makanan ini. Semua bahan kemudian dibungkus kedalam daun pisang sampai berbentuk lonjong lalu dibakar.

6 dari 11 halaman

Onyop

Onyop Source Gambar : jafarbuaisme.com

Satu lagi makanan yang menawarkan rasa pedas dan asam. Makanan tersebut bernama onyop. Onyop merupakan makanan yang berbentuk bubuk dari sagu yang disajikan bersama belimbing asam dan lemon jeruk. Biasanya onyop akan disantap menggunakan kuah asam ikan sehingga menghasilkan rasa yang bercampur antara asam dan pedas.

Baca Juga Pantai Suluban Blue Point, Menikmati Sunset di Balik Tebing Karang Yang Mempesona

7 dari 11 halaman

Duo Sale

Duo Sale Source Gambar : cookpad.com

Berikutnya ada makanan berjenis sambal. Mungkin sebagian orang akan menganggap makan ini adalah sambal teri atau sambal goreng. Memang terdapat sedikit kemiripan di antara duo sale dan sambal teri atau sambal goreng, yaitu sama-sama mengambil ikan teri sebagai bahan tambahan untuk menawarkan rasa pedas yang berbeda. Namun, kedua makanan ini sebenarnya berbeda.

8 dari 11 halaman

Milu Siram

Milu Siram Source Gambar : liputan6.com

Milu siram merupakan makanan berjenis kuah dari jagung yang menjadi salah satu makanan khas yang berasal dari Sulawesi Tengah. Makanan ini terbuat dari jagung muda yang oleh masyarakat setempat disebut binte biluhuta. Tidak hanya jagung namun ada beberapa bahan lainnya yang bisa ditemukan di milu siram yaitu toping ikan atau udang.

Uniknya makanan yang satu ini memiliki beberapa varian rasa untuk para penikmatnya. Rasa yang disajikan adalah pedas, manis, dan asin. Jadi buat kamu yang ingin mencobanya bisa menyesuaikan dengan rasa yang kamu suka.

9 dari 11 halaman

Tinutuan

Tinutuan Source Gambar : kompas.com

Tinutuan memiliki kesamaan dengan bubur manado, namun bubur yang satu ini memiliki kandungan sayur yang lebih banyak dibandingkan dengan bubur manado. Oleh sebab itu, tinutuan merupakan rekomendasi makanan bagi kamu yang kurang suka dengan sayuran.

Dengan banyak sayur yang diolah menjadi bubur membuat tinutuan menjadi kaya akan khasiat. Dengan mengkonsumsi makanan yang satu ini di pagi hari untuk sarapan bisa menambah tenaga orang yang memakannya. Karena itu tinutuan biasa dimakan di pagi hari sebagai pengganti bubur dan nasi.

10 dari 11 halaman

Labia Dange

Labia Dange Source Gambar : idntimes.com

Makanan yang biasa dimakan sebagai cemilan atau makanan ringan. Makanan ini bernama labia dange atau bisa dikenal juga dengan nama sagu dange. Hal ini karena bahan dasar dari makanan ini dibuat menggunakan sagu.

Cara pembuatan labia dange atau sagu dange adalah dengan memasak sagu menggunakan wajan yang dipanaskan dengan tungku dari tanah liat. Dengan cara pengolahan yang sederhana ini membuat rasa yang dihasilkan pun khas di lidah. Biasanya labia dange atau sagu dange dimakan bersama ikan atau gula merah.

11 dari 11 halaman

Kapurung

Kapurung Source Gambar : brisik.id

Satu lagi makanan khas dari Sulawesi Tengah dengan bahan dasar sagu. Makanan yang bernama kapurung ini memiliki cita rasa yang gurih. Sagu yang dipadukan dengan kaldu ikan, sayuran, buah mangga, dan daging udang ini akan menciptakan berbagai rasa di lidah. Tidak hanya gurih namun rasa pedas dari kaldu ikan dan asam dari mangga akan membuat banyak rasa di lidah.

Topik Terkait

Wisata Makassar

Berikan Pendapatmu

Artikel Terkait