Supaya Orang Lain Tidak Tersinggung Ketika Di Kritik, Lakukan 5 Cara Ini

ZonaSeru.id - Kritikan yang terlontar memang sering disalah artikan oleh sebagian orang, padahal maksud kamu sebenarnya sangat baik. Alih-alih ditanggapi dengan baik, tak jarang jika lawan bicara mu malah tersinggung dan terpancing emosinya. Hingga ujung-ujungnya hubungan kalian jadi renggang dan tidak baik. Berikut ini 5 Tips yang bisa kamu lakukan saat ingin mengkritik orang tanpa membuat orang tersebut tersinggung.

1 dari 5 halaman

1. Mulailah dengan pujian dan berilah penghargaan.

Saat orang lain melakukan sesuatu yang kamu pikir salah, jangan sekali-kali kamu dengan keras langsung menegurnya, karena itu bisa bikin dia merasa tak dihargai. Jangan kaget deh jika dia akan langsung merasa marah sama kamu. Agar dia tidak merasa tersinggung, cobalah untuk memberi dia penghargaan, berilah ia pujian atas semua hal yang sudah dia lakukan. Memang pada intinya, manusia lebih senang jika dirinya dihargai dan dianggap keberadaannya.

2 dari 5 halaman

2. Bicarakan kesalahan diri sendiri.

Secara tidak langsung diskusikanlah baik-baik kesalahan yang ada pada lawan bicaramu , misalnya dengan kamu membicarakan kesalahan-kasalahan yang pernah kamu lakukan dan kamu menyesalinya. Dengan tidak menyalahkannya, pasti dia tidak malu menyadari kesalahannya karena tahu kamu pun ternyata masih jauh dari sempurna.

3 dari 5 halaman

3. Ajukan pertanyaan, jangan beri perintah.

Siapa sih yang suka disuruh-suruh? coba bayangkan saja jika kamu yang di kritik, terus kamu disuruh “begini begitu” karena dianggap kamu melakukan kesalahan, kira kira kamu enak nggak? Orang lain juga pasti ngerasain hal yang sama. Tetapi cobalah kalau kamu ganti perintahmu dengan pertanyaan yang sopan seolah-olah dia tidak disalahkan, pasti tanggapannya beda.

4 dari 5 halaman

4. Biarkan orang lain menyelamatkan muka.

Merasa dirimu sudah benar dan dia juga sudah jelas salah, percaya deh kamu hanya akan membuatnya malu kalau kamu ngomonginnya di depan orang banyak. Belajarlah untuk memahami bahwa setiap manusia itu memiliki kekurangan. Cobalah supaya dia tidak merasa disalahkan walaupun sebenarnya dia salah. Pokoknya, bikin dia merasa kalau dia memang di perlukan.

5 dari 5 halaman

5. Gunakan dorongan.

Saat dimana seseorang sungguh sadar akan kesalahannya, apalagi ketika ia sadar orang lain menyalahkannya, akan sulit bagi dia untuk bisa mendapatkan kepercayaan dirinya kembali. Maka dari itu, bantulah dia untuk keluar dari keputusasaan nya. Doronglah dia supaya dapat bangkit kembali. Berilah motivasi, buatlah kesalahan yang telah dibuat menjadi kelihatan mudah untuk diperbaiki.

Selamat mencoba!

Topik Terkait :

Kritik Perasaan Tersinggung

Apa Pendapatmu?

Artikel Terkait