Terlalu Sering Menggunakan Smartphone Dapat Menyebabkan Gangguan Mental ?

ZonaSeru.id - MaxNyoos.com – Semakin berkembangnya zaman membuat semakin meningkatnya angka ketergantungan terhadap gadget. Dimana dengan smartphone ini akan memudahkan kita untuk saling terhubung satu sama lain, saling bertukar informasi dengan rekan yang berada dilain daerah.

Namun dari banyak manfaat dan kegunaan yang diberikan smartphone ternyata juga memiliki dampak negatife, baik bagi penggunanya sendiri maupun orang disekitarnya. Dan sudah banyak penelitian yang mengatakan bahwa menggunakan smartphone secara berlebihan dapat membahayakan kesehatan, baik secara fisik maupun mental.

Dilansir dari boldsky.com melalui sebuah penelitian mengemukakan satu lagi dampak negatif dari penggunaan smartphone secara berlebihan.

Madeleine George adalah seoranh peneliti dari Duke University, North Carolina, Amerika Serikat. 

1 dari 1 halaman

Menurut Madeleine George "Para remaja-remaja yang lebih banyak menghabiskan waktunya untuk berinteraksi dengan teknologi atau smartphone cenderung akan mengalami masalah perilaku dan memiliki gejala ADHD atau attention-deficit hyperactivity disorder," 

Baca Juga Salah Menggunakan Kontrasepsi Justru Dapat Menyebabkan Kehamilan?

"Dalam penelitian yang melibatkan 151 remaja ini meneliti kaitan antara kesehatan mental dengan seberapa lama waktu yang dihabiskan para remaja tersebut untuk bersosial dan melakukan obrolan dalam sehari. Hasilnya sangat mengejutkan, mereka yang menghabiskan lebih banyak waktu dengan smartphone cenderung mudah berbohong, berkelahi, dan perilaku buruk lainnya."

Apa sih yang membuat smartphone memiliki dampak buruk pada gangguan mental ?

 "Sebenarnya tanpa disadari dengan terlalu sering memegang smartphone akan membuat tiap-tiap individu kehilangan kontrol diri dengan baik. Mereka akan merasa kesulitan untuk mengendalikan perilaku dan emosi yang selanjutnya memberikan efek buruk pada kesehatan mental".

Berikan Pendapatmu

Artikel Terkait