Tidak Hanya Lautnya, Jogja Juga Punya Banyak Tempat Wisata Bersejarah yang Layak Dikunjungi!

ZonaSeru.id - Selain menyajikan banyak wisata alam yang menakjubkan, Jogja juga memiliki banyak tempat bersejarah di Jogja yang menarik dikunjungi. Beragam lokasi tersebut tentunya memiliki nilai-nilai sejarah yang bagus untuk mengedukasi sekaligus menjadi wisata yang tepat bagi kita untuk menilik masa lalu. 

Jika tertarik dengan ragam wisata bersejarah di Jogja, berikut ini ada beberapa tempat rekomendasi untuk kamu datangi.

1 dari 5 halaman

1. Keraton jogja

1.	Keraton jogja Belajar kebudayaan Jogja di Keraton | Image Source : visitingjogja.com

Tempat bersejarah di Jogja yang pertama adalah Keraton Jogja. Wisata yang satu ini 

merupakan wisata populer yang ada di kota gudeg tersebut. Tidak hanya dikenal sebagai wisata yang bersejarah, Keraton Jogja juga dikenal sebagai tempat dimana pusat kegiatan kesultanan berlangsung. 

Ada banyak hal menarik yang bisa kamu temukan di Keraton Jogja seperti halnya prtunjukan gamelan, pertunjukan tari, drama dan lain sebagainya. Tinggal pilih pertunjukan mana yang ingin kamu lihat. Selain itu, kamu juga bisa sekedar jalan-jalan saja berkeliling di komplek istana. Tidak perlu khawatir dengan tiket masuknya, karena tiket masuk ke Keraton Jogja sangat terjangkau.

2 dari 5 halaman

2. Monumen Jogja Kembali

2.	Monumen Jogja Kembali Wisata Bersejarah di Kota Gudeg | Image Source : instagram.com/dhian_hardjodisastro/

Monumen Jogja Kembali merupakan salah satu tempat wisata yang juga menjadi tempat bersejarah bagi bangsa Indonesia. Museum ini telah dibangun sejak tahun 1985 yang lalu dengan tujuan sebagai tanda akan keberhasilan perebutan kota Jogja kembali dari tangan penjajah. 

Museum Monumen Jogja Kembali memiliki banyak sekali koleksi yang merupakan bukti sejarah dari perjuangan bangsa kita pada zaman dulu. Ada juga beberapa benda klasik lainnya seperti senjata, mesin ketik dan lain-lain. Jika sudah apek jalan-jalan, kamu juga bisa mampir ke kafetaria yang dikelola oleh pihak museum di lantai dasarnya.

3 dari 5 halaman

3. Loji

3.	Loji Berfoto di depan Benteng Vredeburg| Image Source : instagram.com/kikiamelia24/

Ada juga Loji yang merupakan salah satu tempat bersejarah Jogja. Loji sendiri adalah bangunan gedung yang besar atau bisa disebut juga dengan benteng peninggalan di zaman Belanda.  Adapun salah satu Loji tertua di kota Jogja adalah benteng Vredeburg. 

Benteng yang satu ini dulunya dibangun guna mengawasi gerak gerik keraton pada saat itu. Dari benteng ini, kamu juga bisa menuju ke Lojo Kebon yang dibangun di tahun 1824. Lokasinya cukup berdekatan.

4 dari 5 halaman

4. Masjid Kotagede

4.	Masjid Kotagede https://www.instagram.com/innesaras/

Lokasi bersejarah lainnya adalah masjid Kotagede yang disebut-sebut sebagai masjid tertua yang ada di kota Jogja. Masjid ini dibangun di tahun 1640 dan berlokasi di area pasar Kotagede, Jogja. Sebelum masuk ke kompleks masjid, pengunjung akan menjumpai pohon yang konon usianya sudah mencapai ratusan tahun. Pohon tersebut diberi nama Wringin sepuh dan dianggap membawa berkah oleh penduduk sekitar.

Selain pohon dengan usia ratusan tahun, kamu juga bisa menemukan bedug dengan usia yang sama tuanya yakni ratusan tahun juga. Terdapat pula mimbar kayu dengan ukiran yang indah.

5 dari 5 halaman

5. Pabrik gula madukismo

5.	Pabrik gula madukismo Berfoto di Rel Bekas Pabrik Gula Madukismo | Image Source : kanaljogja.id

Pabrik gula Madukismo juga menjadi salah satu lokasi bersejarah yang ada di kota Jogja. Berada di wisata ini, kamu akan diberi penjelasan mengenai proses pembuatan gula menggunakan tebu dan juga hasil lain di samping gula yakni spiritus. Kamu juga bisa naik di atas kereta api tua yang bakal melintasi rel-rel tua yang terdapat di perkebunan sekitar pabrik. 

Jogja memiliki banyak wisata menarik yang pastinya tidak habisnya untuk dikunjungi. Bukan hanya wisata lautnya saja keren dan menawan, namun kamu juga bisa sesekali berkunjung di tempat bersejarah Jogja seperti lokasi di atas.

Apa Pendapatmu?

Artikel Terkait