Tubuh Butuh Zat Prebiotik, Buat Kamu yang Lagi Diet Wajib Baca!

ZonaSeru.id - Mungkin kalian sering mendengar tentang probiotik, namun bagaimana dengan prabiotik? Karbohidrat semacam ini dapat dijadikan sebagai makanan bagi bakteri baik yang ada di ususkalian. Dan hal ini berhubungan dengan tingkat kesehatan pencernaan, kekebalan tubuh, efek anti inflamasi dan masih banyak lagi.

Karena pada umumnya prebiotik membantu proses probiotik berkembang, maka makan dengan lebih banyak dari biasanya adalah cara hidup sehat yang cerdas, namun terlalu banyak makan tentu juga bukan merupakan cara hidup yang cerdas.

Dalam sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2012 menemukan bahwa adanya kaitan antara diet dengan tingkat prebiotik dan penurunan risiko pengembangan kanker kolorektal.

Penelitian lain menunjukan bahwa prebiotik meningkatkan penyerapan kalsium dan dapat memperbaiki kepadatan tulang.

Mungkin selama ini kalian memakan beberapa makanan yang mengandung prebiotik hanya karena kalian memang menyukainya. Namun lebih baik lagi jika memakan makanan prebiotik secara teratur.

Dan mungkin juga ada beberapa makanan prebiotik yang belum pernah kalian coba, misalnya seperti:

1 dari 3 halaman

Asparagus

Asparagus

Pertama adalah asparagus, khususnya asparagus mentah. Jika kalian tidak bisa menemukan asparagus mentah yang enak, cobalah mengukus asparagus dan sajikan ketika masih hangat.

Jangan lupa, ketika menyajikan cobalah untuk menambahkan tomat atau makanan lainnya yang bisa menggugah selera makanmu.

Baca Juga Jangan Berlebihan Konsumsi Makanan Ini, Jika Ingin Diet Efektif

2 dari 3 halaman

Pisang

Pisang

Untuk mencari tambahan sumber prebiotik, makanlah buah pisang. Cobalah untuk mencari buah pisang yang belum matang. Iris dan sajikan bersama mentega almond, atau bisa juga potong lalu tambahkan beberapa buah pisang ke yogurt bersama dengan jahe yang sudah diparut dan sedikit bubuk kayu manis.

Jika kalian punyablender yang kuat, kalian bisa memasukan beberapa buah pisang yang belum matang ke dalamnya bersama dengan buah yang jauh lebih manis, misal seperti buah beri atau mangga.

3 dari 3 halaman

Sebenarnya masih banyak lagi makanan yang mengandung prebiotik. Mungkin bakalan saya sambung lain kali,untuk sekarang mungkin hanya itu yang bisa saya berikan.

Terima kasih atas waktunya,bagikan artikel ini jika memang menurut kalian artikel ini bermanfaat.

Topik Terkait :

makanan prebiotik diet

Apa Pendapatmu?

Artikel Terkait