Waspada !! Inilah 5 Penyebab Munculnya Kanker Serviks

  • Penulis : Nadiana
  • 26 Apr 2017, 10:07 PM

ZonaSeru.id – Kanker Serviks merupakan jenis kanker yang tumbuh di leher rahim. Penyakit ini sering mempengaruhi seorang wanita yang cenderung aktif dalam hal seksual. Pada awalnya penyakit ini tidak mempunyai gejala apapun, namun saat sudah parah biasanya gejala awalnya adalah terjadinya pendarahan pada area vagina setelah melakukan hubungan seksual.

Setiap wanita akan berisiko mengalami kanker serviks. Penyakit ini tak memandang umur entah remaja, dewasa atau orang tua. Oleh karena itu kita perlu mengetahui apa saja penyebab tumbuhnya jenis kanker yang mematikan ini. Setelah mengetahui sebabnya, jika kalian mulai curiga ada kanker serviks di tubuh kalian, segera memeriksakan ke dokter.

(BACA JUGA : Ladies, Kenali 7 Gejala Penyakit Kista Sejak Dini)

Nah Maxnyoos akan menjelaskan apa saja penyebab kanker serviks yang perlu kamu waspadai. Berikut ini ulasannya.

1 dari 5 halaman

1. Seringnya Bergonta Ganti Pasangan

1.	Seringnya Bergonta Ganti Pasangan

Seiring bergonta ganti pasangan merupakan penyebab yang paling umum diantara lainnya. Karena dengan bergonta ganti pasangan maka penyebaran virus HPV atau singkatan dari Human Papillomavirus.  Virus ini biasanya bisa menyebar melalui kontak fisik secara langsung, seperti kulit dengan kulit.

2 dari 5 halaman

2. Penggunaan Alat Kontrasepsi

2.	Penggunaan Alat Kontrasepsi

Alat kontrasepsi banyak sekali jenisnya, namun yang paling sering bisa menyebabkan tumbuhnya kanker serviks adalah Pil KB. Alat kontrasepsi jenis ini tidak baik jika dikonsumsi selama 5 tahun. Dari beberapa riset yang sudah di lakukan resiko terjangkitnya kanker serviks bisa diturunkan jika menghentikan pemakaian pil KB.

3 dari 5 halaman

3. Merokok

3.	Merokok

Mengapa merokok bisa menyebabkan kanker serviks ? taukah kamu bahwa nikotin dari rokok  yang mengalir dalam darah akan sampai ke sel sel mulut rahim sehingga bisa meracuninya. bukan hanya itu racun dari nikotin juga bisa mempengaruhi selaput lendir dalam tubuh. Jika kamu perokok aktif maka resiko terinfeksi kanker serviks akan lebih tinggi daripada yang tidak merokok

4 dari 5 halaman

4. Rendahnya Sistem Kekebalan Tubuh (Sistem Imun)

4.	Rendahnya Sistem Kekebalan Tubuh (Sistem Imun)

Jika seorang wanita sudah pernah mengalami atau terinfeksi HPV dan sistem kekebalan tubuhnya rendah maka resiko adanya kanker serviks akan lebih besar.

5 dari 5 halaman

5. Seringnya Menggunakan Sabun Pembersih Vagina

5.	Seringnya Menggunakan Sabun Pembersih Vagina

Mungkin kita berfikir jika kita menggunakan sabun khusus pembersih vagina maka vagina kita akan wangi dan bersih. Namun sebenarnya jika kita terlalu sering menggunakan sabun khusus vagina tersebut justru akan menyebabkan iritasi pada daerah vagina bukan hanya itu, penggunaan yang terlalu sering  juga bisa meningkatkan resiko munculnya kanker serviks.

Berikan Pendapatmu

Artikel Terkait