Hutan Karst Rammang-Rammang, Wisata Tersembunyi di Maros, Makassar

ZonaSeru.id - Indonesia memang terkenal dengan keindahan alamnya yang memukau. Salah satu destinasi wisata di Makassar yang baru-baru ini hitz yaitu Bukit Karst Rammang-Rammang Maros. Menurut informasi yang dirangkum, ini merupakan kawasan pegunungan karst terbesar ketiga di dunia.

1 dari 8 halaman

Sejarah Rammang-Rammang

Dalam bahasa Makassar, kata ini memiliki arti awan atau kabut. Menurut warga, penamaan tersebut karena kondisi alam yang sering diselimuti kabut tebal atau awan di pagi hari. Terdapat perkampungan warga yang bisa kamu kunjungi, dan untuk sampai kesana harus melakukan perjalanan menaiki perahu motor.

2 dari 8 halaman

Lokasi & Tiket Masuk Wisata Rammang-Rammang

Berada di Desa Salenrang, Kec. Bontoa – Kab. Maros, atau berjarak sekitar 1 jam dari kota Makassar untuk sampai ke Rammang-rammang. Untuk menikmati pemandangan bukit karst wisatawan bisa menyewa perahu yang ada di dermaga. Harga yang ditawarkan untuk 1-4 orang 200 ribu rupiah, 5-7 orang 250 ribu rupiah, dan 8-10 orang 300 ribu rupiah.

Buat teman-teman yang ingin menyewa dan bertanya info seputar wisata Bukit Karst Rammang-rammang bisa menghubungi driver kapal (0852-4299-5326), sang driver juga dapat memandu wisatawan yang datang untuk mengunjungi tempat-tempat menariknya.

Pesona Bukit Karst Rammang-Rammang

3 dari 8 halaman

1. Naik Kapal menyusuri Sungai Pute

1.	Naik Kapal menyusuri Sungai Pute Menyusuri Sungai Pute dengan Perahu

Untuk menuju perkampungan yang ada di ujung sungai, wisatawan harus naik kapl menyusuri sungai Pute. Sembari menyusuri sungai, kamu bisa menikmati keindahan bukit karst yang ada dibagian kanan dan kiri sungai. Wisatawan juga bisa menyewa topi anyaman sebelum menaiki perahu.

4 dari 8 halaman

2. Kampung Berua

2.	Kampung Berua Jalan-Jalan di Kampung Berua

Daya tarik perkampungan ini karena berada di tengah bukti karst sehingga kampungnya terlihat seperti cekungan. Terdapat jalan papan yang dibuat oleh warga, dan tak jarang jadi spot foto kece dengan background bukit karst.

5 dari 8 halaman

3. Telaga Bidadari

3.	Telaga Bidadari Berkunjung ke Telaga Bidadari

Dalam perjalanan menyusuri sungai Pute, wisatawan akan melewati sebuah dermaga kecil bertuliskan Dermaga Telaga Bidadari. Terdapat sebuah telaga yang berada di tengah bukit kapur. Menurut warga, tempat ini merupakan area dimana bidadari mandi. Tak hanya itu, tempatnya yang tersembunyi dan diapit oleh bukit bebatuan yang tinggi dianggap cocok untuk tempat mandi para bidadari.

6 dari 8 halaman

4. Hutan Batu Karst Rammang-Rammang

4.	Hutan Batu Karst Rammang-Rammang Hutan Batu Karst

Bagi wisatawan yang melalui dermaga dua, akan menjumpai hutan batu. Dikatakan hutan, karena banyak bebatuan karst yang berdiri tinggi. Tempat ini juga sering di jadikan spot foto menggunakan drone dari atas.

7 dari 8 halaman

5. Café Rammang-Rammang

5.	Café Rammang-Rammang Cafe Rammang-Rammang

Menjadi tempat beristirahat bagi wisatawan yang berkunjung ke Rammang-rammang, terdapat sebuah café yang juga menyediakan fasilitas penginapan. Kamar-kamar yang disewakan juga unik, karena menggunakan papan dan beratap daun kelapa sehingga masih sangat alami.

8 dari 8 halaman

Selain wisata bukit Rammang-rammang, terdapat juga tempat wisata Air Terjun Bantimurung yang menawarkan keindahan penangkaran kupu-kupu. Buat kamu yang berlibur jangan lupa untuk tetap menjaga kesehatan dan kebersihan tempat wisata yang kalian kunjungi.

Topik Terkait

Wisata Makassar

Berikan Pendapatmu

Artikel Terkait