Pasokan Gas Bumi Ke Pertagas Mendukung Pertumbuhan Industri Perikanan

Jakarta PT Pertamina Gas (Pertagas) mendukung pertumbuhan perikanan nasional melalui pemerataan pasokan gas bumi di wilayah Sulawesi Tengah. Untuk mencapai hal tersebut, Subholding Pertamina Gas telah bermitra dengan PT Matra Arona Manggai.

Kerja sama ini dikukuhkan dengan penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) Riset Bersama tentang penyediaan pasokan dan infrastruktur energi berbasis gas bumi untuk industri perikanan.

Direktur Senior Pertagas Jamal Emam Santoso mengatakan, Pertagas siap membantu penyediaan infrastruktur gas untuk memenuhi kebutuhan tersebut dan saat ini Pertagas sedang mengembangkan pemanfaatan gas bumi yang berasal dari lapangan Sulawesi Tengah.

Dengan sumber gas tersebut, kebutuhan gas PT Matra Arona Banggai diharapkan dapat terpenuhi minimal 1,5 juta standar kaki kubik per hari.

“Upaya penyediaan pasokan gas ini sejalan dengan harapan Bertagas untuk menjaga keberlangsungan masa depan dan meningkatkan produksi tambak udang di PT Matra Aruna Banggai,” kata Jamal dalam keterangan tertulis, Rabu (24 Mei 2023).

Jamal juga berharap kerjasama strategis ini dapat tercapai dalam waktu dekat. Ia menambahkan, “Kami berharap penandatanganan MOU ini dapat mengarah pada kajian yang komprehensif sehingga kerja sama berkelanjutan rencana pasokan gas bumi PT Matra Arona Bangai dan infrastruktur pendukungnya dapat segera dilakukan.”

Ketua PT Matra Arona Banggai Nefo Ng mengatakan perusahaannya memiliki 18 tambak udang di seluruh Indonesia, tiga di antaranya di Sulawesi Tengah. Masing-masing dari ketiga tambak tersebut akan membutuhkan pasokan listrik maksimal sekitar 10 megawatt.

“Tambak kami saat ini menggunakan daya sekitar 2 megawatt, jadi kami berharap dapat bekerja sama dengan Pertagas agar pasokan gas untuk pembangkit listrik dapat disalurkan ke tambak udang kami,” kata Nevo.

Baca Juga  Batas Waktu Pelaporan SPT Pajak Adalah 31 Maret 2023 Dan Kini Anda Dapat Membayar Melalui Tokopedia