7 Cara Daftar GoFood Terbaru 2022 Lewat HP & Formulir Pendaftaran

ZonaSeru.id – Artikel ini akan menjelaskan secara detail bagaimana cara daftar GoFood, syarat dan ketentuan serta bagaimana langkah-langkahnya proses permohonan pendaftaran GoFood.

Halo para pembaca sekalian, kalian pasti sering melihat sebuah iklan layanan antar jemput saat sedang menonton youtube atau sedang berada di tengah kota, dan kalian melihat sebuah baliho dengan tulisan GOJEK.

Ya, GOJEK, merupakan salah satu aplikasi antar jemput transportasi secara online yang ada di Indonesia. Kenapa saya menyebut salah satu di Indonesia? Karena di Indonesia terdapat lebih dari 2 layanan antar jemput transportasi online, seperti Grab, Maxim, dan Uber.

Lalu, apa sih GOJEK itu? Di kesempatan kali ini saya akan memberi tahu kepada para pembaca sekalian apa itu gojek, layanan GOFOOD, dan juga bagaimana cara mendaftarkan warung kalian di GOFOOD. Mari kita lanjutkan ke bawah.

Berawal dari Aplikasi GoJek

GOJEK adalah sebuah layanan transportasi antar jemput yang bisa dipesan melalui aplikasi di HP kalian baik itu Android maupun iOS. Aplikasi GOJEK memiliki jumlah unduhan lebih dari 100 juta di Google Play Store dengan total review 4 juta dan rating 4,5. Sedangkan di AppStore memiliki total review 150 ribu dan rating 4,2.

GOJEK didirikan oleh Nadiem Makarim, guna untuk menjadi saingan dari GrabBike yang merupakan salah satu layanan ojek online atau ojol yang beroperasi di Asia Tenggara.

Aplikasi GOJEK ini awalnya didirikan pada tahun 2010 dengan jumlah driver 20, 1 call center di Jakarta. Lalu berkembang seperti sekarang dengan menjadi sebuah perusahan Unicorn pertama di Indonesia dan saat ini telah bergabung dengan Tokopedia dengan nama GoTo.

Layanan GoFood Untuk Pelanggan GoJek

Layanan GoFood Untuk Pelanggan GoJek

Apakah kalian pernah ingin membeli sebuah makanan atau minuman yang segar di siang hari tapi kalian terlalu malas untuk keluar karena panas? Atau ingin merasakan makanan yang berkuah karena udara dingin yang diakibatkan oleh hujan? Ya, layanan GoFood adalah pilihan yang tepat untuk kalian.

GoFood, salah satu layanan dalam aplikasi GOJEK ini membuat kita tidak perlu keluar rumah lagi saat ingin membeli makanan atau apabila kalian terlalu malas keluar rumah untuk membeli makanan.

Ya, GoFood cocok sekali untuk kalian. Di layanan GoFood, terdapat banyak merchant makanan yang tersedia. Mulai dari yang paling dekat dengan rumah kalian hingga yang jauh dari rumah kalian. Ongkir go food ini juga tidak terhitung mahal karena kalian bisa mendapatkan beberapa potongan yang tersedia di dalam layanan GoFood ini.

Baca Juga  Cara Daftar EFIN Online dan Offline dan Unduh Formulir e-FIN

Cara Mendaftar GoFood

Kalian bosan apabila hanya memesan terus-terusan melalui Gofood? Atau kalian memiliki sebuah usaha warung makan atau kedai minum tetapi kalian ingin meluaskan pasar kalian? Kalau kalian bisa memasak dan memiliki sebuah usaha, kalian bisa mendaftarkan warung kalian loh.

Emang, gimana cara daftar GoFood? Silahkan simak langkah-langkah berikut yang akan saya beritahu kepada kalian :

1. Download Aplikasi GoBiz

Download Aplikasi GoBiz

Langkah cara daftar GoFood adalah dengan mendownload aplikasi goBiz terlebih dahulu, dan kalian bisa menemukannya di aplikasi Playstore atau Appstore secara gratis.

2. Buka Aplikasi GoBiz

Buka Aplikasi GoBiz

Setelah sudah berhasil mendownload aplikasinya maka langkah selanjutnya yaitu dengan membuka aplikasi GoBiz. Pastikan saat membuka hp kalian sudah terhubung dengan jaringan internet atau wifi.

3. Daftar ke GoBiz

Daftar ke GoBiz

Pastikan kalian tidak memiliki akun GoBiz sebelumnya, karena jika sudah mempunyai akun sebelumnya proses pendaftaran akan selalu gagal. Dan hal ini mengakibtkan proses permohonan pendaftaran selalu ditolak.

4. Isi data Diri kalian

Isi data Diri kalian

Yang harus kalian lakukan pertama adalah mengisi data diri kalian terlebih dahulu. Data diri daftar GoFood yang harus kalian isi adalah sebagai berikut :

  • Identitas pemilik warung (KTP)

Pastikan kalian menggunakan identitas KTP asli kalian, karena kalian akan diminta untuk melakukan verifikasi foto KTP dan foto selfie bersama KTP kalian.

  • Informasi rekening dari pemilik warung

Informasi rekening ini akan digunakan untuk melakukan sebuah pencairan dana dari usaha yang kalian jalankan. Diusahakan menggunakan rekening kalian sendiri, apabila kalian tidak memiliki rekening sendiri atau menggunakan rekening orang lain, pastikan kalian juga menambahkan sebuah dokumen pendukung dari keaslian rekening berupa buku tabungan dari bank terkait atau rekening koran, lalu klik verifikasi.

  • Informasi usaha yang akan didaftarkan

Pastikan nama usaha kalian lokasinya tepat supaya para driver nantinya tidak akan kesusahan mencari lokasi dari outlet kalian.

Nama tempat usaha kalian wajib memiliki detail dari lokasi tersebut seperti jalan, Gedung, food court, mall, dan lain-lain (contoh : Mie Ayam Afui, Belakang Univ Atma Jaya Yogyakarta Kampus 4)

Kalian juga tidak bisa menambah sebuah simbol atau emoji dalam usaha kalian baik itu titik, koma, ataupun emoji senyum. Dan juga, kalian tidak boleh menggunakan huruf kapital semua, kecuali brand tersebut memang menggunakan huruf kapital semua.

  • Informasi outlet yang ada di aplikasi GoBiz

Dalam bagian ini, kalian harus memasukkan beberapa detail outlet yang kalian dimiliki. Berikut cara pengisian detail dari outlet yang kalian miliki.

  • Bangunan sendiri
Baca Juga  Cara Daftar GoJek Online & Offline, Link Pendaftaran + Persyaratan

Apabila kalian menggunakan bangunan sendiri atau di rumah, kalian bisa menggunakan format penulisan outlet seperti di bawah ini :

Jalan Tambak Bayan, Daerah Istimewa Yogyakarta.

  • Sebuah grup

Kalian gunakan format di bawah ini apabila kalian memiliki outlet dalam sebuah grup. Kalian wajib memasukkan nama grup, lantai, jalan, nomor jalan, area, dan kota, contohnya seperti di bawah ini:

Mal Ciputra, lantai 1, Simpang Lima, Semarang.

  • Food Court

Kalian gunakan format ini apabila kalian memiliki sebuah usaha di dalam sebuah food court

Nama grup, lantai, nama food court, nama jalan, nomor jalan , nama area, dan kota contoh seperti :

Mal Ciputra, Food Court, Bakso Asia, Simpang Lima, Semarang

Apabila food court tersebut tidak memiliki nama, kalian cukup mengisinya dengan Food Court.

  • Dalam hotel

Kalian gunakan format di bawah ini apabila kalian memiliki usaha di sebuah hotel dengan format nama hotel, nama jalan, nomor jalan, nama area, kota contoh seperti :

Graha Sartika, Jalan Pandanaran no.116-120, Pekunden, Semarang.

  • Foto tempat usaha kalian

Pastikan tempat usaha yang kalian foto itu tidak blur, pencahayaan yang bagus, dan terpampang jelas nama outlet kalian. Apabila kalian mendirikan usaha di rumah kalian sendiri, silahkan foto rumah kalian bagian depan beserta dengan banner outlet kalian.

  • Pilih layanan

Layanan yang tersedia di sini adalah GoFood, Gopay, dan POS. Pastikan membaca keuntungan dari masing-masing layanan yang tersedia, apabila kalian sudah membaca, pilih layanan yang ingin kalian aktifkan dan centang bagian kanan layar.

5. Proses Verifikasi

Proses Verifikasi

Tunggu hingga proses verifikasi kalian selesai, biasanya memakan 2 hari kerja. Nah, setelah proses verifikasi ini, kalian akan dihadapkan 3 kemungkinan seperti :

  • Data kalian diterima

Apabila data kalian diterima, kalian akan mendapatkan sebuah notifikasi melalui aplikasi GoBiz dan email yang kalian daftarkan dan anda bisa ke proses aktivasi.

  • Data kalian perlu diperbaiki

Apabila kalian harus memperbaiki data kalian, kalian akan mendapatkan pemberitahuan melalui email dan aplikasi GoBiz. Kalian memiliki waktu maksimal 14 hari untuk memperbaiki data kalian dan maksimal sebanyak 3 kali. Apabila kalian melebihi jangka waktu yang tersedia, maka aplikasi kalian akan dihapus.

  • Data kalian ditolak

Apabila data kalian ditolak, berarti data yang kalian masukkan tidak sesuai syarat dan ketentuan dari GoBiz.

Baca Juga  Ketahui Call Center GoCar yang Online 24 Jam Yang Bisa Dihubungi

6. Proses Aktivasi

Proses Aktivasi

Apabila kalian sudah terverifikasi, kalian hanya perlu menunggu proses aktivasi dari usaha kalian. untuk Gopay, kalian membutuhkan maksimal 7 hari kerja, sedangkan untuk POS, kalian bisa langsung gunakan begitu data kalian sudah terverifikasi. Khusus untuk layanan GoFood, kalian perlu menambah beberapa data lagi sebelum usaha daftar GoFood, seperti :

  • Profil restoran

Kalian bisa pencet tambah pada bagian foto profil restoran kalian. Dan kalian bisa baca ketentuan agar tidak terjadi kesalahan saat mengambil foto. Lalu, klik tambah pada kategori makanan, kalian bisa pilih maksimal 3 kategori sesuai dengan usaha anda.

  • Jam operasional

Kalian harus ubah jadwal buka tutup resto kalian setiap hari dengan pencet tombol ubah. Kalian harus memiliki jadwal operasional selama 3 hari dalam seminggu dengan minimal 3 jam.

  • Daftar menu

Nah, yang satu ini penting untuk usaha kalian, agar para pembeli bisa meilihat menu yang kalian jual dan bisa melihat harganya.

Caranya dengan klik tambah kategori menu yang ingin kalian tambahkan, lalu kalian isi semua informasi dari menu tersebut dan klik tambah foto untuk menambahkan foto dari menu yang kalian jual. Kalian wajib memasukkan minimal 3 menu yang ada gambarnya.

7. Usaha kalian sudah siap untuk melakukan jualan via GoFood

Usaha kalian sudah siap untuk melakukan jualan via GoFood

Dengan begini, usaha kalian sudah siap ikut berjualan di GoFood dan kalian bisa menjual usaha kalian lebih luas.

Gimana? Apakah kalian tertarik untuk memasukkan usaha kalian dalam daftar GoFood? Kalian bisa membuat usaha kalian lebih dikenal oleh banyak orang karena usaha kalian terpampang secara online. Lalu, apabila makanan kalian mendapat rating bagus, akan semakin terkenal karena biasanya akan direkomendasikan oleh GoFood.

Sekian artikel dari saya mengenai 7 cara daftar gofood, semoga artikel di atas tadi dapat membantu para pembaca yang ingin membuat usaha kalian masuk ke gofood. Saya ucapkan terima kasih dan mohon maaf apabila terdapat salah kata dari penjelasan ZonaSeru.id diatas.